Umur Cabe Siap Panen Berapa Bulan? Ini Jawabannya.

Panen cabe merupakan hal yang sangat diidam-idamkan oleh petani yang memang dari awal membudidaya cabe, dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan yang sebanyak-banyaknya.

Untuk memperoleh hasil panen cabe agar optimal, maka penting sekali para petani melakukan perawatan tanaman cabe yang baik dan benar, secara intensif, dan dilakukan secara tekun sejak awal penyemaian benih sampai tanaman dewasa menghasilkan organ tanaman yang lengkap, terkhusus menghasilkan bunga banyak dan lebat.

Setiap tanaman cabe yang dibudidaya petani memiliki waktu panen yang berbeda-beda, hal ini dapat dipengaruhi oleh faktor penting seperti keadaan tanaman, varietas/jenis cabe yang dibudidaya, keadaan cuaca, keadaan tanah dan jumlah humus, waktu penanaman yang tepat, cara perawatan tanaman artinya jika perawatan dilakukan secara tepat maka hasilnya kualitas tanaman cabe pun akan bagus pula, dan begitu pun sebaliknya. Baca juga: Waktu Panen dan Cara Pemetikan Buah Cabe Sesuai Prosedur yang Benar.

Tanaman Cabe Siap Dipanen
Tanaman Cabe Siap Dipanen. Photo Kontributor by: KPCI.

Namun, secara umum, umur cabe siap dipanen adalah kisaran umur 3,5 - 4 bulan. Biasanya jika perawatan tanaman dilakukan secara baik, maka pada umur 3 bulan, tanaman cabe bisa lebih awal mempunyai pertumbuhan bunga yang banyak, dan kemudian diikuti dengan pertumbuhan buah yang siap panen.

Jadi intinya bahwa tidak ada sesuatu yang pasti tentang kapan umur cabe siap panen, namun setidaknya berdasarkan pengalaman dan hasil diskusi dengan para petani cabe, yaitu ideal umur cabe siap panen adalah 3,5 - 4 bulan.

Semoga informasi sederhana di atas bermanfaat untuk anda, jangan lupa baca juga: Cara Menyemai Bibit Cabe Berkualitas Tinggi (High Quality) dan Terjamin Ampuh Menghasilkan Buah Lebat.

Artikel Terpopuler

Umur Cabe Siap Panen Berapa Bulan? Ini Jawabannya.
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar