2 Faktor Penyebab BAKAL BUAH MENTIMUN Menguning

Banyak sekali para petani mentimun mengeluh tentang kondisi bakal buah mentimun menjadi menguning dan kadangkala juga bakal buahnya rontok dan hal ini tentu saja berimbas terhadap produktivitas hasil panen nantinya.

Penyebab bakal buah mentimun menguning dapat disebabkan oleh beberapa hal utama seperti tamaman mentimun kekurangan unsur hara Zn (Seng). Karena jika tumbuhan kekurangan unsur hara Zn tersebut, maka tumbuhan dapat mengalami klorosis pada bagian daunnya. Selain itu, gejala kekurangan (defisiensi) unsur Zn juga sangat memberi dampak pada bakal buah yang menguning terbuka, dan akhirnya rontok (gugur). Solusi untuk mengatasi bakal buah timun yang rontok yaitu dengan melakukan pemupukan pada tanaman mentimun dengan pakai pupuk yang mengandung unsur Seng (Zn). Banyak sekali produk pupuk anorganik yang mengandung unsur Zn tersebut, silakan berkunjung ke toko pupuk pertanian, dan konsultasikan permasalahan anda terhadap mereka, mungkin mereka akan lebih tahu dan memberikan solusi dan pertimbangan yang lebih akurat.

Buah Mentimun
Buah Mentimun, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan).

Bakal buah menguning juga bisa disebabkan oleh hama penggerek bakal buah muda dan kumbang. Beberapa petani sering mengeluh banyak sekali kumbang yang memakan bakal buah mudanya, sehingga banyak buah yang tidak jadi. Untuk mencegah hal ini, anda dapat melakukan pembiasaan dengan menjaga kebersihan lingkungan, serta mengecek laju pertumbuhan buahnya. Penggunaan pestisida yang disemprotkan langsung pada bagian buahnya justru akan berdampak lebih buruk bagi kesehatan tubuh pengonsumsinya nanti. Selanjutnya, silakan anda baca juga: Peran Unsur Zn (Seng) Dalam Mencegah Klorosis Tanaman Pertanian.

Artikel Terpopuler

2 Faktor Penyebab BAKAL BUAH MENTIMUN Menguning
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar