Jarak Tanam Jeruk Nipis (Berdasarkan Petani Berpengalaman)

Berkebun jeruk nipis memang sangat menyenangkan. Apalagi berkebunnya dilakukan secara bersama-sama dengan anggota keluarga, yakni ayah, ibu, bahkan adik-adik tercinta. Berkebun jeruk nipis dapat dilakukan di sekitaran halaman/samping rumah yang memang jika tanahnya kosong sangat pantas sekali untuk digunakan sebagai media/tempat pembudidayaan jeruk nipis.

Jeruk nipis umumnya banyak dibudidaya oleh masyarakat Indonesia di sekitar halaman rumah. Namun, tak menutup kemungkinan pembudidayaannya juga bisa dilakukan di perkebunan khusus jeruk nipis. Tanaman jeruk nipis sangat baik jika ditanam berdekatan dengan jeruk manis.

Adapun dalam pembudidayaan jeruk nipis memang sangat mengandalkan ketekukan dan kesabaran. Jeruk nipis yang hendak dibuddiaya sebaiknya diperoleh dari hasil cangkok batang, agar nantinya akan menghasilkan buah yang cepat berbuah dan tanpa menunggu lama.

Jeruk Nipis Berbuah Lebat
Jeruk Nipis Berbuah, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Saat melakukan penanaman, menentukan jarak tanam untuk tanaman jeruk nipis sangat penting diprioritaskan, sebab jarak tanam memberi peluang terhadap tanaman untuk tumbuh lebih optimal sehingga berpengaruh terhadap hasil panen nantinya.

Jarak tanam ideal untuk jeruk nipis berdasarkan petani jeruk nipis profesional adalah 1 meter untuk setiap barisnya. Sementara jarak antar baris/lajur yang satu dengan lainnya tentu saja berbeda yakni 0,9 meter. Sebagai panduan untuk membudidaya jeruk nipis, silakan anda baca juga artikel berikut ini: Cara Budidaya Jeruk Nipis dengan Cangkok agar Cepat Berbuah Lebat dan Menguntungkan.

Artikel Terpopuler

Jarak Tanam Jeruk Nipis (Berdasarkan Petani Berpengalaman)
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar