Cara Menanam SAWI Non-Pestisida

Menciptakan perkebunan sawi di daerah dekat rumah atau laman perkebunan memang terbilang cukup mudah. Sebab, dalam budidaya sawi tidak terlalu membutuhkan lahan yang luas, anda bisa menggunakan berbagai variasi miniatur penanaman sawi yakni bisa menggunakan lahan bedengan tak terlalu luas, atau bisa menggunakan teknik hidroponik untuk menanam sawi (caisim). Selain teknik hidroponik, penanaman sawi juga bisa dilakukan secara vertikultur.

Budidaya sawi secara vertikultur maupun hidroponik memang saat ini sedang marak dan banyak dilakukan di daerah perkotaan yang lahannya cukup sempit. Sebab, dengan kedua teknik tersebut, maka akan ada sebuah inovasi bahwa keterbatasan lahan bukan menjadi kendala untuk melakukan budidaya tanaman, apapun itu jenisnya.

Pertanian organik saat ini mulai muncul kepermukaan, dan tersebar ke seantero negeri termasuk di Indonesia sudah mulai diterapkan. Akan tetapi, banyak juga diantara petani/pekebun di Indonesia yang masih belum mau beralih ke pertanian organik, karena mereka masih menggunakan pertanian secara konvensional.

Sawi Hidroponik Caisim
Sawi Hidroponik, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Memang dari segi budget (keuangan), pertanian modern yang sudah menerapkan sistem pertanian organik memang memerlukan kebutuhan tanam yang cukup tinggi termasuk dalam perawatan tanamannya membutuhkan keuangan/biaya memadai. Namun ini bukan menjadi ketakutan bagi kita semuanya, justru ini bisa dimanfaatkan sebagai ladang bisnis. Banyak diantara petani modern yang sukses dalam berhidroponik dan meraup ratusan juta perbulan. Dan itulah keuntungan dari beberapa sistem pertanian modern.


Pertanian modern sebisa mungkin meminimalisir penggunaan pestisida dalam menangani berbagai persoalan pertanian, termasuk dalam budidaya sawi non-pestisida anda bisa menggunakan teknik vertikultur maupun dapat menggunakan teknik hidroponik.

Anda bisa membaca ulasan artikel berikut tentang: 

Setelah anda membaca kedua artikel di atas, semoga anda mendapatkan inspirasi dan semangat baru untuk mencoba mempraktekan teknik hidroponik maupun vertikultur pada tanaman sawi (caisim).

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda. Ayo menanam.

Artikel Terpopuler

Cara Menanam SAWI Non-Pestisida
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

1 komentar:

May 22, 2016 at 11:28 AM Delete

saya suka bgt tuh. sama sayuran ini.

Reply
avatar