7 Solusi Agar Akar Cangkokan Cepat Tumbuh Banyak

Mencangkok batang tanaman dikotil (tumbuhan berbiji) merupakan langkah paling bagus untuk mendapatkan tanaman unggul dengan proses mendapatkan hasil panen lumayan cepat dibandingkan jika dilakukan dengan proses perkembangbiakan tanaman secara generatif (melalui biji).

Dalam kegiatan mencangkok batang tanaman, umumnya keterampilan mencangkok menjadi modal dasar bagi seorang pekebun buah untuk memperoleh banyak bibit vegetatif yang dapat dijual atau ditanam secara banyak di kebun milik sendiri.

Beberapa jenis tanaman yang dapat dicangkok yakni umumnya tanaman yang berasal dari tanaman/pohon yang mempunyai kambium, serta memiliki batang berkayu, seperti: pohon jeruk, mangga, alpukat, rambutan, sawo, kelengkeng, sirsak, jambu biji, dan lain sebagainya.

Keterampilan dan pengetahuan seputar cara-cara mencangkok yang baik dan benar memang harus dimiliki oleh setiap petani/pekebun yang menggemari kegiatan mencangkok untuk mendapatkan bibit tanaman dalam jumlah yang diinginkan.

Batang Jambu Biji Sedang Dicangkok dengan Sistem Berderet
Batang Jambu Biji Sedang Dicangkok dengan Sistem Berderet, Photo Original by: Wahid Priyono (#Guruilmuan)

Keterampilan tersebut seperti misalnya bagaimana cara supaya akar cangkokan cepat tumbuh. Dan tentu saja untuk memperoleh harapan tersebut, maka ada beberapa tahapan yang dapat anda kerjakan untuk mendapatkan akar cangkokan cepat tumbuh sehingga dapat segera ditanam pada lahan terbuka (perkebunan khusus buah-buahan/tanaman buah). Berikut ini solusinya:

  • Sebaiknya untuk mencangkok memilih batang tanaman yang telah berumur 2 - 3 tahun dan pernah terbukti menghasilkan buah yang produktif setiap kali musimnya;
  • Saat mengelupas kulit batang tanaman yang hendak dicangkok, maka hilangkan juga lendir-lendirnya yang menyelimut pada bagian kayu setelah kulit batangnya dikelupas. Lendir-lendir tersebut adalah kambium, dan sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu sebelum batang yang telah dikelupas dibungkus dengan tanah; perlu anda ingat bahwa penghilangan kambium dengan cara dibiarkan 3 - 5 jam, ternyata dapat mempercepat pertumbuhan akar cangkokan nantinya;
  • Sebaiknya pembungkus luar dari cangkok adalah bahan terbuat dari serabut kelapa (sepet), plastik transparan putih yang telah dilubangi secara banyak supaya proses ventilasi tanaman berjalan optimal. Istilahnya lubang-lubang yang ada pada plastik tersebut bertujuan supaya penyerapan air juga berjalan optimal;
  • Lakukan penyiraman pada batang tanaman yang dicangkok, dengan cara penyiraman pada bagian tanahnya supaya tetap lembab, dengan begitu maka akar tanaman cangkok akan cepat tumbuh dan berkembangan;
  • Alangkah baiknya juga posisi batang tanaman yang dicangkok diletakan pada tempat yang mendapatkan ketercukupan cahaya matahari;
  • Menggunakan media cangkok dari tanah yang gembur dengan dicampuri pupuk kandang dari kotoran ayam jauh lebih bagus. Untuk perbandingan campuran tanah dan pupuk kandang secara berturut-turut adalah 3:1. Atau bisa juga dengan perbandingan 4:1.
  • Beberapa petani/pekebun horticulture buah yang sering mencangkok telah membuktikan bahwa penyemprotan/penyiraman media tanah untuk cangkok sebaiknya menggunakan air cucian beras/pupuk organik cair dari air dedak yang kaya akan vitamin B1 yang fungsinya sama dengan hormon rhizokalin pada tumbuhan sebagai perangsang pembentukan akar pada tanaman.
Jika kelima solusi di atas tentang agar cangkokan cepat tumbuh akarnya, maka silakan segera anda coba jika memang cara di atas penasaran ingin anda praktekan, semoga tentu saja harapan penulis blog supaya berhasil.

Itu saja mungkin informasi tentang solusi supaya akar cangkok cepat tumbuh banyak, sehingga akan mempercepat waktu pemotongan batang cangkok untuk berbagai kepentingan pertanian tertentu.

Sebagai tambahan wawasan pengetahuan untuk anda, silakan jangan lupa juga baca artikel berikut ini supaya wawasan anda bertambah banyak, klik dan baca: Cara Mencangkok Jambu Biji Dengan Sistem "Berderet" dalam Satu Batang.

Artikel Terpopuler

7 Solusi Agar Akar Cangkokan Cepat Tumbuh Banyak
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar