Waktu Tepat Ambil Cangkokan

Mencangkok merupakan salah satu dari jenis perbanyakan tanaman dengan cara vegetatif buatan, artinya segala sesuatu masih tetap dikontrol oleh aktivitas tangan manusia.

Aktivitas mencangkok sangat menyenangkan, terutama bagi penjual bibit tanaman biasanya mereka selalu melakukan pencangkokan pada beberapa tanaman induk yang sudah memiliki umur yang cukup.

Penjual bibit tentu saja mereka sudah banyak yang tau, mencangkok dengan tipe apa yang lebih cepat untuk menghasilkan batang cangkok unggul dan laku dijual di pasaran.

Karena mencangkok adalah salah satu seni dalam perbanyakan tanaman, maka tidak sembarang orang dapat melakukan cangkok dengan hasil memuaskan.

Berbicara tentang mencangkok, ada beberapa jenis tanaman dikotil yang dapat dicangkok seperti mangga, jeruk, durian, kelengkeng, sawo, rambutan, alpukat, dan tanaman jenis lainnya.

Pada saat mencangkok, yang perlu diperhatikan bahwa tanaman harus berasal dari tanaman induk yang setidaknya telah atau pernah berbuah lebat, tidak terserang penyakit dan hama, pertumbuhan dan batangnya kokoh, dan tentunya umur tanaman mencapai umur di atas 3 tahun ke atas (disesuaikan dengan jenis tanamannya).

Sistem Mencangkok Berderet Pada Jambu Biji
Sistem Mencangkok Berderet Pada Jambu Biji, Photo Original by: Guruilmuan (Wahid Priyono)

Untuk medapatkan hasil cangkok batang yang unggul, maka dalam kegiatan mencangkok jangan anda lewatkan untuk membersihkan empulur kambium pada batang tanaman setelah bagian kulit batangnya disobek.

Pembersihan kambium (seperti lendir) tersebut dapat dilakukan dengan cara membiarkan terlebih dahulu sekitar 30 menit supaya lendir tersebut kering, atau dengan cara mengelap bagian kambium tersebut sampai kering lalu kemudian dapat dibungkus dengan tanah.

Biasanya batang tanaman yang telah dicangkok sudah dapat diambil pada waktu yang tepat yaitu ketika batang cangkok telah mempunyai tanda-tanda sebagai berikut:

  • Pada bagian kedua ujung batang yang telah dicangkok telah memperlihatkan adanya pertumbuhan akar-akar primer maupun akar sekunder yang berada di sekitar tanah yang membungkus lokasi pencangkokan tersebut;
  • Sudah berumur di atas 3 bulan, maka pengecekan dan pengambilan cangkokan dapat dilakukan (pastikan sudah ada akar-akar yang terlihat);
  • Akar pada batang cangkok telah berwarna cokelat kekuningan dan ini pertanda bahwa akarnya sudah bagus dan siap untuk dipindahkan ke lahan terbuka penanaman (perkebunan).
Setidaknya 3 point-point di atas dapat dijadikan rujukan tentang waktu yang tepat mengambil cangkokan, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa baca juga artikel terkait berikut ini: 7 Cara Agar Batang Cangkok Cepat Berakar.

Artikel Terpopuler

Waktu Tepat Ambil Cangkokan
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar