Berapa Lama Mentimun Boleh Berbuah?

Buah mentimun mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan dengan buah pada umumnya. Mentimun juga memiliki variasi waktu panen yang berbeda-beda dari tiap petani/pekebun buah tersebut.

Umumnya cepat atau lambat dari proses pembuahan pada mentimun tergantung dari cara petani/pekebun merawat tanaman secara baik, mulai dari pembibitan sampai pada tahap panen.

Dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya, pohon mentimun seringkali menjadi cepat berbuah karena beberapa faktor:

  • Pemupukan yang dilakukan secara intensif, baik itu menggunakan pupuk kandang maupun pupuk anorganik (jika dibutuhkan);
  • Faktor penyiraman tanaman;
  • Tidak adanya serangan gulma dalam jumlah pesat (sulit terkendali);
  • Penyinaran matahari yang cukup (sepanjang hari);
  • Pendangiran pada tanaman mentimun mutlak dilakukan;
  • Pemberian mulsa plastik di atas lahan bedengan (juga menentukan cepat lambatnya mentimun boleh berbuah lebat);
  • Curah hujan yakni 800 mm/tahun, pH tanah 6 - 7. Dengan kelembaban udara mencapai 85%;
  • Pengendaliaan hama dan penyakit harus dilakukan seintesif mungkin, yakni dapat menggunakan pestisida buatan, atau menggunakan pestisida alami menggunakan bakteri Bacillus thrungiensis (Bt) sebagai biopestisida alami; (Baca: Mikroorganisme Pembasmi Tanaman).
  • Pemberian tiang ajir pada tanaman mentimun supaya pohon timun dapat terus dipantau pertumbuhan dan perkembangan buahnya setiap saat.
Faktor-faktor di atas memang sudah selayaknya harus dilakukan oleh setiap pembudidaya mentimun di kebun miliknya.

Jika faktor-faktor di atas telah terlaksana dengan baik, maka saya bisa menjamin bahwa hasil panen buah mentimun akan lebih optimal. Apalagi ditambah dengan keseriusan petani dalam merawat tanaman dengan penuh rasa tanggungjawab dan senang hati.

Pohon Mentimun Berbuah
Pohon Mentimun Berbuah , Photografer by: Wahid Priyono (Guruilmuan)
Soal masalah berapa lama panen buah mentimun, setiap petani/pekebun pasti mempunyai pengalaman yang berbeda-beda, mengingat bahwa perawatan tanaman yang baik tentu saja akan justru mempercepat waktu berbuah, dan begitupun sebaliknya, jika perawatan tanaman mentimun dilakukan secara asal-asalan (sembarangan), maka saya sebagai admin blog guruilmuan.blogspot.co.id, menjamin bahwa waktu berbuah tanaman bisa cukup lama dan bahkan setiap pohon dapat jarang menghasilkan buah (buahnya kurang optimal, tidak lebat).

Jadi, berdasarkan pengalaman saya pribadi, buah mentimun dapat dipanen kisaran umur 3 - 4 bulan sejak tanam awal, dan untuk produktivitas hasil panen buah timun setiap petani berbeda-beda, dan tentunya faktor yang telah disebutkan pada paragraf sebelumnya.

Semoga informasi di atas dapat membantu anda yang sedang mencari informasi seputar pertanian buah mentimun, ayo menanam. Ayo berkebun !, untuk melengkapi bahan bacaan anda, silakan baca juga artikel terkait berikut ini: Cara Budidaya Mentimun Organik Agar Cepat Berbuah Lebat.

Artikel Terpopuler

Berapa Lama Mentimun Boleh Berbuah?
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar