Cara Tanggulangi CABAI Rontok Pada Musim Hujan

Intensitas curah hujan yang tinggi ternyata dapat memiliki pengaruh tersendiri bagi tanaman cabai yang mungkin saja sangat sensitif terhadap air yang berlebihan.

Namun apa boleh buat, karena bagaimanapun juga air hujan yang jatuh dari langit harus kita syukuri sebagai bentuk rasa terima kasih kepada Tuhan semesta alam dan penciptaannya.

Berbicara tentang buah cabe yang seringkali mengalami kerontokan pada musim hujan merupakan permasalahan klasik yang sudah dari dulu diketahui dan dialami oleh banyak petani. Hal ini sangat wajar, mengingat pada musim hujan memang kandung air tanah sangat cukup bahkan terkadang berlebihan, sehingga organ tanaman terkadang kelebihan air, yang pada akhirnya akan mengubah sistem hoemostatik pada jaringan tanaman cabe itu sendiri.

Secara fisiologis, tanaman cabe mempunyai sistem pengaturan air di dalam tanah dan dibantu oleh organ akar dalam penyerapan air dan nutrisi. Jikalau air tanah berlebihan, kemungkinan besar proses difusi air dan mineral hara dari dalam tanah akan berjalan lebih cepat, dan jika organ tanaman sulit untuk menampung air, maka peluang tanaman untuk mengalami klorosis dan nekrosis, absisi (kerontokan pada daun, bunga, dan buah cabe) kemungkinan besar akan terjadi.

Selain curah hujan tinggi, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan mengapa buah cabe rontok pada musim hujan, yaitu karena tanaman kekurangan unsur Kalsium (Ca), Kalium (K), Magnesium (Mg), dan Phosfor (P).

Beberapa Buah dan Bunga Cabe Rontok (Absisi) Pada Musim Hujan
Beberapa Buah dan Bunga Cabe Rontok (Absisi) Pada Musim Hujan, Photo Original by: Wahid Priyono (Admin Guruilmuan)

Untuk menanggulangi permasalahan terkait buah dan bunga cabe rontok pada musim hujan, anda dapat mempelajari beberapa kiat (solusi) berikut ini, diantaranya:

  • Menggunakan rimpang jahe, caranya: 1 kg jahe dihancurkan lalu ditambahkan dengan 5 Liter air, lalu dikocor 200 mL/batang tanaman;
  • Karena pada saat curah hujan tinggi kandungan Nitrogennya tinggi, maka dapat diantisipasi menggunakan pupuk berbahan aktif Magnesium (Mg), dan juga berbahan aktif Phosfor (P), misalnya produk ORANGE;
  • Dapat menggunakan Vita flora, dosis 1 tangki 1.5;
  • Di toko pertanian, tersedia juga produk pertanian dengan merek Calcium dan Boron yang dapat digunakan untuk tanaman cabe supaya tahan terhadap air hujan berlebih dan membantu menanggulangi kerontokan pada buah cabe.
Untuk informasi selengkapnya, anda juga dapat membaca pada artikel berikut, klik artikel dengan judul: Solusi Mengatasi Bunga Cabe Rontok Pada Musim Hujan.

Semoga informasi di atas memberikan manfaat untuk anda semuanya, rekan petani/pekebun dimana saja anda berada. Salam budidaya pertanian, ayo menanam, ayo berkebun ! petani Indonesia HEBAT !

Artikel Terpopuler

Cara Tanggulangi CABAI Rontok Pada Musim Hujan
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

2 komentar

February 7, 2016 at 12:35 PM Delete

Wah di blog ini banyak ilmu yang bisa dipelajari.

Reply
avatar
February 8, 2016 at 9:49 AM Delete

Hallo mas Dedi Publisher, terima kasih telah berkunjung ke blog saya ini. Semoga apa yang sajikan dan ditulis dengan judul cara tanggulangi cabai rontok pada musim hujan di atas bermanfaat untuk anda dan juga rekan-rekan petani/pekebun hortikultura lainnya.

Reply
avatar