Berkebun Sayuran dan Buah-Buahan Agar Cepat Panen

Berkebun merupakan aktivitas positif yang sangat menyenangkan. Apalagi dalam kegiatan berkebun tersebut melibatkan orang-orang tersayang dan tercinta di lingkungan keluarga, teman, dan sanak-saudara.

Dalam kegiatan berkebun sebenarnya kita sudah berlatih untuk terus melestarikan lingkungan hayati yang ada di sekitar tempat tinggal.

Berkebun tidak harus dilakukan di lahan yang luas berhektar-hektar, cukup jika anda mempunyai lahan yang cukup di sekitaran pekarangan/halaman rumah, anda sudah dapat menanam berbagai macam tanaman hortikultura buah maupun sayur mayur (sayuran), dan tanaman jenis lainnya.

Berkebun sayuran dan buah-buahan di lahan perkebunan milik sendiri merupakan sebuah kesenangan. Dan saya sendiri memang sejak kecil memiliki hobi berkebun, dan apa saja jenis tanaman yang menurut saya layak untuk ditanam, maka saat itu juga saya menanamnya. (Jangan lupa baca juga: 10 Manfaat Berkebun Dilihat dari Kacamata Kesehatan.

Supaya cepat panen, maka tanaman sayuran dan buah harus dilakukan perlakuan khusus oleh orang yang membudidayanya.

Berkebun Buah Gambas Sangat Mudah (Di Halaman Rumah)
Berkebun Buah Gambas Sangat Mudah (Di Halaman Rumah), Photo Orginal by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Beberapa jenis perlakuan yang dapat menjadi pertimbangan saat anda membuka lahan untuk ditanami sayuran dan buah-buahan, diantaranya adalah:

  • Ketahui terlebih dahulu syarat tumbuh dari masing-masing jenis tanaman sayur mayur maupun buah yang hendak di tanam, seperti misalnya: ketinggian tempat yang cocok bagi tanaman, tingkat keasaman tanah (pH tanah), suhu lingkungan yang cocok bagi tpertumbuhan dan perkembangan tanaman sampai pada masa menjelang panen, jenis tanah, temperatur, kelembaban, curah hujan, lama kepekaan tanaman budidaya terhadap frekuensi penyinaran cahaya matahari setiap harinya, dan lain sebagainya. Hal ini penting diketahui oleh bagi para petani/pekebun yang hendak membudidaya tanaman hortikultura supaya mendapatkan cepat panen dengan hasil berkualitas;
  • Perawatan tanaman juga terbukti menjadi kunci penentu kesuksesan hasil panen nantinya. Beberapa model perawatan tanaman budidaya yang umum dan telah banyak berkontribusi bagi kemajuan pertanian di Indonesia, diantaranya yaitu: Penyiraman, pemupukan, pendangiran (penggemburan lahan), penyiangan (pembuangan rumput-rumput liar parasit bagi tanaman), serta pemberian tiang ajir/lanjaran/lenjeran dari batang kayu (tongkat) dengan ketinggian tertentu (khusus misalnya untuk tanaman gambas, cabe, kacang panjang, terong, melon, tomat, dan lain sebagainya). Selain itu, pengontrolan tanaman juga penting, termasuk pengontrolan hama dan penyakit pada tanaman. Perawatan tanaman juga harus disesuaikan dengan umur masing-masing tanaman;
  • Ketelatenan/ketekunan petani dan pekebun untuk mengolah lahan, serta merawat tanaman perlu dijunjung tinggi, dan tentunya jika perawatan tanaman dilakukan secara baik dan benar tentu saja akan berpengaruh terhadap laju pertumbuhan tanaman budidaya.
Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda, salam budidaya pertanian. Ayo berkebun !

Jangan lupa anda tambahkan wawasan dengan membaca ulasan artikel yang peranh saya tulis pada artikel berikut ini, klik: Panduan Lengkap Budidaya Cabe Merah Agar Cepat Berbuah Lebat.

Artikel Terpopuler

Berkebun Sayuran dan Buah-Buahan Agar Cepat Panen
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar