Langkah Praktis Pembibitan Cabe Sesuai Anjuran Yang Benar

Dari sekian banyak jenis tanaman hortikultura buah, cabe masih menjadi prioritas para petani/pekebun cabe untuk dibudidaya di lahan pertanian mereka.

Cabe (lombok=bahasa jawa) adalah komoditi ekspor yang baik, dan bisnis cabe jangkauannya luas bahkan hasil pertanian cabe pun banyak yang diekspor ke luar negeri atau di sekitaran kawasan Asia yang mayoritas pemesannya adalah kalangan elite perusahaan makanan, industri farmasi, dan minuman.

Berbicara tentang pembibitan cabe/cabai memang terkadang menjadi kendala bagi petani/pekebun pemula, namun ada juga petani kawakan (senior) yang masih menggunakan cara konvensional dan hal teknis seperti ini justru akan memengaruhi produktivitas hasil panen pada saat itu.

Ada beberapa langkah praktis dan mudah dalam pembibitan tanaman cabe sesuai anjuran yang benar. Apa yang ditulis di postingan kali ini berdasarkan apa yang saya pelajari dari petani profesional, dan silakan ikuti langkah berikut:

Gunakan Langkah Penyemaian Bibit Tanaman Cabe Dengan Teknik "Steril Pro"

Teknik pembibitan cabe dengan steril pro terkadang bagi beberapa petani masih belum mengerti akan teknik ini. Jadi teknik pembibitan steril pro ini lebih kepada pembibitan menggunakan bahan kain bekas yang dibasahkan menggunakan air, lalu bibit diselipkan/dilipatkan di dalam kain dan dibiarkan berkecambah selama 2 - 4 hari, setelah itu bibit barulah dipindahkan ke wadah/pot polybag plastik kecil dengan media tanam (jenis tanah humus).

Bibit Cabe dengan Teknik Steril Pro, Hasilnya Lebih Produktif
Bibit Cabe dengan Teknik Steril Pro, Hasilnya Lebih Produktif. Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Untuk selengkapnya mengetahui tentang bagaimana pembibitan cabe dengan teknik steril pro, silakan anda baca informasi pada link berikut ini: Cara Semai Cabe "Steril Pro", Dihasilkan Tanaman Serentak.

Setelah menggunakan pembibitan (semai bibit) menggunakan teknik steril pro, kebanyakan petani yang saling berdiskusi mengatakan bahwa mereka telah sukses bertani cabe karena menggunakan teknik steril pro tersebut. Silakan giliran anda yang mencobanya, mudah-mudahan berhasil.

Itulah tadi langkah praktis dalam pembibitan tanaman cabe sesuai anjuran yang baik dan benar. Silakan ikuti langkah-langkah semai cabe "steril pro" yang telah terbukti membuat sukses petani cabe dalam membudidayanya.

Perlu diingat bahwa teknik steril pro dapat anda gunakan untuk pembibitan pada semua jenis/varietas cabe yang dapat dibudidaya.

Jangan lupa baca dan klik juga: Cara Budidaya Cabai Rawit Dengan Hasil Panen Selangit.

Artikel Terpopuler

Langkah Praktis Pembibitan Cabe Sesuai Anjuran Yang Benar
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar