Daftar Bibit Cabe Unggulan (Potensial) Untuk Tahun Ini

Cabe adalah salah satu jenis tanaman hortikultura buah yang sangat populer dibudidaya oleh banyak petani di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia, budidaya cabe hampir pernah dilakukan bagi banyak petani.

Pertanian cabe sangat potensial membantu petani/pekebun untuk mendongkrak hasil pertanian sehingga lebih menguntungkan.

Berikut ini beberapa daftar bibit/benih cabe yang potensial dan unggul serta seringkali dibudidaya oleh petani/pekebun se-Indonesia.

1. Cabe Besar

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS-Nasional) pada tanggal 3 Agustus 2015 telah merilis, bahwa produksi cabe Nasional pada tahun 2015 dapat diperkirakan bahwa untuk produksi cabe besar dengan tangkai tahun 2014 sebesar 1,075 juta ton. Dibandingkan tahun 2013, terjadi kenaikan produksi sebesar 61,73 ribu ton (6,09%). Kenaikan ini disebabkan oleh kenaikan produktivitas sebesar 0,19 ton per hektar (2,33%) dan peningkatan luas panen sebesar 4,62 ribu hektar (3,73%) dibandingkan tahun 2013.

Data di atas, menunjukkan bahwa produktivitas panen buah capai tiap tahunnya meningkat, dan inilah alasan mengapa jenis cabe besar telah banyak dibudidaya oleh masyarakat petani dan tentunya memang sangat populer ditanam di Indonesia.

Pohon Cabe Merah Besar Sedang Berbuah Lebat
Pohon Cabe Merah Besar Sedang Berbuah Lebat, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Cabe besar unggul yang dapat dijadikan bibit potensial meliputi cabe merah besar, cabe merah keriting, dan cabe hijau. Bibit dapat dibeli langsung di toko bibit, harganya pun cukup terjangkau.

2. Cabe Rawit

Sementara itu, BPS juga merilis bahwa untuk produksi cabe rawit segar dengan tangkai pada tahun 2014 sebesar 0,800 juta ton. Dibandingkan tahun 2013, terjadi kenaikan produksi sebesar 86,98 ribu ton (12,19%). Kenaikan ini disebabkan oleh kenaikan produktivitas sebesar 0,23 ton per hektar (4,04%) dan peningkatan luas panen sebesar 9,76 ribu hektar (7,80%) dibandingkan tahun 2013.


Pohon Cabe Rawit Varietas Jengki Sedang Berbuah Lebat
Pohon Cabe Rawit Varietas Jengki Sedang Berbuah Lebat, Fotografer: Wahid Priyono (Guruilmuan)
Melihat data statistik di atas, sungguh sangatlah potensial apabila kita mencoba untuk membudidaya/bercocok tanam cabe rawit, karena berdasarkan data, setiap tahunnya bisa diprediksikan harganya cukup tinggi, sebab produktivitasnya selalu meningkat tiap tahunnya.

Beberapa jenis/varietas cabe rawit yang sering dan populer dibudidayakan oleh para petani nasional adalah cabe rawit jengki. Untuk selengkapnya dapat anda baca: Varietas Cabe Yang Cocok Ditanam Di Lahan Persawahan.

Cabe rawit jenis cabe rawit jengki sangat direkomendasikan, karena telah terbukti lebih banyak menghasilkan buah dengan beberapa kali panen. Berdasarkan pengalaman, cabe jengki ini jauh lebih potensial dan sangat mudah dibudidayanya.

3. Cabe Hibrida

Jenis cabe hibrida ini juga sangat potensial menghasilkan produktivitas buah yang cukup baik. Beberapa jenis cabe hibrida unggul seeprti cabe lado F1 hibrida yang paling cocok ditanam di area persawahan dan perkebunan hortikultura dengan menggunakan mulsa plastik dan sistem penyemaian bibit menggunakan teknik steril pro, baca referensi: Cara Semai Cabe "Steril Pro", Dihasilkan Tanaman Serentak.

Itulah tadi informasi tentang daftar bibit cabe unggul yang patut untuk ditanam oleh para petani/pekebun di area pertanian yang telah anda miliki. Untuk menambah wawasan anda, jangan lupa baca juga: Macam dan Jenis-Jenis Cabe Budidaya Yang Bisa Ditanam di Indonesia.

Artikel Terpopuler

Daftar Bibit Cabe Unggulan (Potensial) Untuk Tahun Ini
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar