Kualitas Tanah yang Diharapkan oleh Tumbuhan (Tanaman Pertanian)

Tanah merupakan komponen penting di biosfer yang ditumbuhi oleh berbagai ragam jenis tanaman. Tanah terdiri dari berbagai macam unsur, hara, dan liat. Unsur hara yang terkandung di dalam tanah terdiri dari unsur hara makro dan unsur hara mikro. Unsur hara tersebut begitu penting dan dibutuhkan oleh tanaman.

Jenis Tanah yang Bagus Menentukan Kualitas Buah Melon.
Jenis Tanah yang Bagus Menentukan Kualitas Buah Melon. (Wahid Priyono, S.Pd).


Unsur hara makro merupakan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman dalam jumlah besar, misalnya unsur Karbon (C), unsur Nitrogen (N), dan unsur Hidrogen (H) dan Oksigen (O). Sementara itu, unsur hara mikro terdiri dari unsur hara yang terdiri dari unsur-unsur hara yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah sedikit, misalnya unsur Kalium, Kalsium, Fosfor, dan lain sebagainya.

Kualitas tanah yang bagus memberi peluang nyata bagi tanaman pertanian untuk tumbuh dan berkembang secara baik. Kualitas tanah yang bagus banyak cakupannya mulai dari jenis tanah yang kompleks unsur haranya, kecukupan air, serta kadar oksigen di dalamnya. Cakupan komponen-komponen penyusun tanah tersebut dapat membuat tanah semakin subur, disukai oleh mikroorganisme tanah.

Pada akhirnya, kualitas tanah yang bagus sangat penting dan diharapkan oleh tanaman untuk melakukan berbagai kegiatan fisiologisnya seperti tumbuh dan berkembang. Silakan baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Daun Cabai yang Kriting Secara Alami.


Artikel Terbaru

Kualitas Tanah yang Diharapkan oleh Tumbuhan (Tanaman Pertanian)
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar