Penyebab dan Cara Mengatasi Daun Cabai yang Keriting Secara Alami

Permasalahan yang dialami petani cabe pasti ada saja. Misalnya adalah daun cabai yang keriting pasti akan menjadi penyebab kerusakan tanaman secara umum, sehingga bisa mengurangi hasil panen. Sementara itu, hampir seluruh petani cabe di Indonesia sudah tentu pernah mengalami keriting pada daunnya, sehingga perlu penanganan yang tepat.

Tanaman cabai merah Lado F1

Tanaman cabai merah Lado F1
Tanaman cabai merah Lado F1, (Foto oleh: Wahid Priyono, S.Pd.)

Daun cabai yang mengalami keriting daun ini bisa disebabkan karena banyak hal, seperti serangan serangga/hama patogen, bakteri pada permukaan daun, atau bisa karena jamur/kapang. Selain itu, faktor penyiraman tanaman cabe yang salah ikut menentukan tingkat gejala daun cabe kriting tersebut.

Penyebab paling umum dari gejala daun cabe keriting karena virus kuning, antraknosa pada daun cabe, dan penyakit karat pada daun cabe.

Dan untuk mencegah/menangani penyakit keriting pada daun cabe ini, maka sebaiknya saat melakukan penyiraman pohon cabe sebaiknya daunnya juga terkena air. Dengan begitu, hama/penyakit penyebab keriting daun dapat diminimalisir. Silakan baca juga: Keunggulan/Kelebihan Padi Inpago 4-10.

Artikel Terbaru

Penyebab dan Cara Mengatasi Daun Cabai yang Keriting Secara Alami
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar