Jenis Pupuk Perangsang Pembungaan Pada Tanaman Cabe

Semasa hidupnya, semestinya tanaman cabe harus mendapatkan perawatan yang baik dan benar agar produktivitasnya meningkat. Salah satu bagian dari perawatan tanaman cabe yaitu pemupukan. Dan setiap jenjang days/hari, pastinya jenis pupuk yang diberikan serta dosisnya pasti bertambah seiring dengan umur tanaman. Termasuk pada waktu menginjak waktu tanaman cabe berbunga, maka pemupukan yang tepat akan menjadi ujung tombak suksesnya budidaya cabe dengan hasil panen melimpah (buahnya lebat).

Para petani di daerah-daerah yang memang sudah rutin melaksanakan budidaya cabe tiap bulannya, mereka pasti mempunyai pengalaman bertanam cabe yang tak segampang orang akui bahwa menanam cabe itu pekerjaan mudah, padahal jika dipraktekan perawatannya sangat rumit, mulai dari masa pembenihan biji cabe hingga perawatan menuju tanaman cabe dewasa.

Pembibitan Tanaman Cabe Pada Lahan Bedengan Menggunakan Pupuk Kandang
Pembibitan Tanaman Cabe Pada Lahan Bedengan Menggunakan Pupuk Kandang, Foto Kontributor by: Member KPCI.

Jenis pupuk yang menjadi pilihan petani pastinya juga berbeda-beda, karena setiap petani terkadang mempunyai pengalaman dan cara tersendiri untuk mendapatkan tanaman cabe yang produktif. Hal itu pastinya didasarkan dari pengalaman tiap-tiap individu dari hasil eksperimen/percobaan/penelitian manual yang dilakukannya di setiap semester menanam cabe di kebun yang mereka kelola.

Dan dari hasil beberapa sharing/diskusi yang pernah saya lontarkan kepada rekan petani cabe, bahwa mereka mengatakan jenis pupuk yang bagus untuk tanaman cabe adalah pupuk kandang dan larutan phonska cair. Pupuk kandang sendiri diberikan pada waktu tanaman cabe berada dalam masa pertumbuhan, misalnya sewaktu penyemaian di lahan bedengan sangat penting sekali tanahnya dicampur dengan pupuk kandang baik dari pupuk kompos maupun pupuk kandang. Namun, setelah tanaman cabe menginjak waktu dewasa, atau dengan kata lain tanaman sudah tumbuh proporsional, dengan masa pembungaan sudah mulai terbentuk, maka pada waktu itulah pemupukan dengan larutan phonska cair harus dilakukan.

Dari riset/pengalaman yang juga pernah saya lakukan pada lahan tanaman cabe rawit jengki yang pernah saya tanam, setelah perlakuan dengan menggunakan larutan pupuk phonska cair, maka hasil panen lebih meningkat, tanaman cabe mempunyai bunga-bunga yang tumbuh lebat, serta buah cabe yang dihasilkan tahan hama dan berbuah sangat banyak.

Tutorial untuk membuat larutan pupuk cair bisa anda baca pada link artikel berikut ini, klik: Cara Pembuatan Larutan Pupuk Phonska Cair Untuk Tanaman Cabe.

Selain memakai larutan phonska cair, jangan lupa berikan pupuk tambahan pada tanaman cabe seperti pupuk urea, pupuk KCL, pupuk SP36 yang memang terbukti bagus untuk menambah unsur hara penting yang dibutuhkan tanaman cabe. Semoga informasi di atas bermanfaat, jika bermanfaat silakan dishare ke rekan-rekan petani lainnya agar pengetahuan masyarakat petani di Indonesia bertambah.

Artikel Terpopuler

Jenis Pupuk Perangsang Pembungaan Pada Tanaman Cabe
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar