Fase Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman (4 Fase Lengkap)

Setiap tumbuhan pasti memiliki fase hidup, yakni mulai tanaman itu menghasilkan biji dan berkecambah sampai tanaman itu tua lalu mati. Fase pertumbuhan dan perkembangan tanaman/tumbuhan ada 4 fase lengkap yakni fase embrionis/fase lembaga, fase juvenil/perkecambahan biji, fase produksi, dan fase penuaan (senil).

Fase pertumbuhan tanaman selalu diikuti dengan fase perkembangan tanaman. Fase pertumbuhan adalah suatu fase penting sebab terjadi pembelahan sel-sel meristematik secara terus-menerus hingga mencapai tingkat kedewasaan.

Fase Perkecambahan Biji Pada Tanaman Melon
Fase Perkecambahan Biji Pada Tanaman Semangka. Photo Original by: http://tipspetani.com/

Berikut ini penjelasan tentang 4 fase/langkah-langkah/tahapan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan secara terperinci:

1. Fase Embrionik

Pada fase embrionik ini terjadi sejak penyerbukan bunga yang mana adanya penggabungan inti sel ovum dan serbuk sari dan kemudian akan menghasilkan bakal buah dan bakal biji. Biji inilah yang merupakan alat perkembangbiakan secara generatif pada tanaman.


2. Fase Juvenil/Perkecambahan Biji

Pada fase juvenil atau ahli fisiologi tanaman menyebutnya fase perkecambahan biji ini merupakan fase dimana biji telah mengalami proses perkecambahan akibat masuknya air ke dalam sel-sel biji secara imbibisi. Pada masa perkecambahan biji ini akan muncul plumula yaitu bagian organ tanaman yang siap tumbuh dan berkembang, yakni organ akar (radikula), daun, dan ujung batang/tunas muda.


3. Fase Produksi

Pada fase produksi ini artinya tumbuhan telah memiliki organ tanaman lengkap, terutama organ bunganya sudah mampu menghasilkan bakal buah. Buah yang sudah terbentuk merupakan bagian penting pada tumbuhan yang juga menghasilkan biji sebagai alat perkembangbiakan secara generatif.


4. Fase Penuaan (Senil)

Fase penuaan disebut juga fase senil. Pada fase ini tanaman sudah tidak mampu lagi menghasilkan organ tanaman baru, atau biasanya ditandai dengan buah yang semakin kecil, organ tanaman kurus dan berakhir pada kematian tanaman. Karena fase senil adalah fase puncak pertumbuhan tanaman, maka pada akhirnya tanaman akan mati dan digantikan dengan tanaman lainnya dari proses perkecambahan biji.

Artikel Terbaru

Fase Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman (4 Fase Lengkap)
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar