Cara Mengurangi Batang Cabe yang Tidak Produktif dengan Perempelan

Banyak sekali para petani cabe terutama petani cabe pemula yang belum mengetahui bahwa ada dampak negatif jika tanaman cabe terlalu rimbun dengan daun dan batang-batang cabe yang tidak penting yang ternyata hanya memboroskan nutrisi yang seharusnya diserap oleh organ bunga dan buah untuk tumbuh dan berkembang. Cabang-cabang/batang dan tunas liar pada cabe memang sebaiknya dibuang saja, karena dapat mengambil banyak unsur hara pada tanaman, dan memang terkadang tunas liar ini tidak memberikan keuntungan apa-apa, sebaliknya justru tanaman cabe mengalami kekurangan/kekahatan (defisiensi unsur hara tertentu).

Adapun cara yang paling efektif dan terbukti ampuh untuk mengurangi batang cabe yang tidak produktif yaitu dengan "perempelan". Perempelan pada tanaman cabe merupakan kegiatan membuang/mengurangi batang, daun, tunas-tunas liar, serta bantang dan percabangan pada pohon cabe yang tidak produktif, sebab jika tidak dibuang maka akan mengambil lebih dari 30% unsur hara penting yang seharusnya ditransfer/dialirkan ke organ tanaman lain seperti pada bagian organ bunga yang merupakan sumber untuk mendapatkan buah cabe secara utuh. Baca juga: Pengaruh Positif Tanaman Cabe yang Dirempel.

Rekan Komunitas Petani Cabe Indonesia (KPCI) Melakukan Perempelan Pada Tanaman Cabe
Rekan Komunitas Petani Cabe Indonesia (KPCI) Melakukan Perempelan Pada Tanaman Cabe, photo kontributor: KPCI.


Sebagian petani di Indonesia sudah menerapkan sistem "perempelan pada tanaman cabe", dan dari hasil eksperimen yang pernah saya dkk lakukan memang memberikan dampak positif bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabe.

Berdasarkan hasil pengamatan saya, bahwa tanaman cabai yang dilakukan perempelan maka akan tumbuh subur, perakarannya semakin kuat, munculnya bunga-bunga cabe produktif dalam jumlah melimpah dan tentu saja hal ini akan memperbanyak juga buah cabe yang tumbuh. Selain itu, hasil panen cabe semakin melimpah dengan melakukan perempelan pada tanaman cabe.

Tanaman Cabe yang Dirempel Mengalami Tumbuh Subur, Sehat dan Daunnya Hijau Segar
Tanaman Cabe yang Dirempel Mengalami Tumbuh Subur, Sehat dan Daunnya Hijau Segar. Photo KPCI.


Mungkin anda yang baru saja mendengar istilah "perempelan pada tanaman cabe" akan terheran-heran, apa benar teknik perempelan ini telah dilakukan oleh petani cabe di Indonesia?. Maka dari itu, anda wajib membaca ulasan artikel tentang: Cara Merempel Tanaman Cabe Agar Cepat Berbuah Lebat.

Semoga informasi sederhana di atas dapat berguna dan menambah wawasan anda. Terimakasih sudah menyimak artikel di atas, dan salam berkebun cabe, sukses selalu !

Artikel Terpopuler

Cara Mengurangi Batang Cabe yang Tidak Produktif dengan Perempelan
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar