7 Pengaruh Positif Tanaman Cabe yang Dirempel dan Tidak Dirempel (Kegiatan dan Cara Merempel Tanaman Cabe)

Dalam budidaya tanaman cabe, perempelan merupakan kegiatan perawatan tanaman cabe agar tumbuh dan berkembang secara sempurna, serta mendapatkan hasil panen jauh lebih optimal.

Dibandingkan dengan tanaman cabe yang tidak dirempel, maka jika tanaman cabe yang telah anda budidaya dilakukan perempelan pada tanaman cabe tersebut, maka secara otomatis akan memberi dampak positif terhadap kehidupan fisiologi tanaman cabe.

Merempel Tanaman Cabe Pruning
Teman-Teman KPCI Indonesia Melakukan Perempelan Pada Tanaman Cabe

Beberapa manfaat/fungsi/kegunaan positif perempelan pada tanaman cabe, diantaranya adalah:
  • Tanaman cabe lebih sehat, kuat, dan tumbuh subur;
  • Mampu meningkatkan hasil panen hingga 20%;
  • Merangsang pembentukan akar, batang, daun, bunga, serta buah jauh lebih cepat 30% dibanding tidak dirempel;
  • Tanaman cabe akan lebih cepat berbunga, lebih cepat memunculkan calon bunga dan buah produktifnya;
  • Memacu pertumbuhan dan perkembangan batang dan serta peningkatan hormon auksin yang membantu dalam pemanjangan akar dan batang di daerah jaringan meristematiknya;
  • Organ dan batang tanaman cabe akan jauh lebih segar dan terlihat bugar, lebih sehat; Lihat gambar hasil perempelan di bawah ini:
Perempelan Tanaman Cabe
Hasil Tanaman Cabe yang Dilakukan Perempelan Tanaman Cabe Berdaun Segar. Photo Kontributor Oleh Kawan-Kawan KPCI Indonesia.
  • Selain itu, aktivitas perempelan (pruning tanaman cabe) juga terbukti mampu meningkatkan laju pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabe secara signifikan,
Melihat beberapa keunggulan atau manfaat dari kegiatan perempelan tanaman cabe di atas, maka sangatlah penting penerapan perempelan tanaman cabe pada tanaman cabe yang sedang anda budidaya (sedang ditanam di kebun hortikultur). Dan, sebagai petani cabe maka anda wajib mencoba (bereksperimen) menggunakan teknik/cara perempelan pada tanaman cabe, siapa tahu hasilnya cocok dan bisa anda terapkan di sepanjang musim tanam cabe berikutnya. 

Semoga informasi singkat di atas berguna untuk anda. Silakan pelajari juga cara/tutorial >> Cara Merempel Tanaman Cabe agar Cepat Berbuah Lebat (Perempelan Daun dan Tunas Aksiler Cabe)

Artikel Terpopuler

7 Pengaruh Positif Tanaman Cabe yang Dirempel dan Tidak Dirempel (Kegiatan dan Cara Merempel Tanaman Cabe)
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar