Cara Menanam Pohon Zaitun secara Baik dan Benar Dijamin Berhasil

Pembudidayaan tanaman zaitun di Indonesia semakin marak, dan di berbagai negara pun begitu, sebab memang masyarakat petani dan pekebun di Indonesia sangat tertarik untuk menanam pohon zaitun ini karena manfaat yang sangat banyak.

Harga bibit tanaman zaitun di pasaran memang cukup terbilang mahal, yakni berkisar Rp. 200 - 250 ribu rupiah per pohonnya. Dan tentu saja anda bisa membeli bibitnya secara online di pasaran, atau bisa langsung mengunjungi pusat penanaman zaitun di wilayah tempat anda tinggal.

Berkebun Zaitun
Foto Kontributor: Bukalapak.

Saya sendiri pernah melihat perkebunan zaitun dan memang sangat menarik sekali untuk mencoba menanamnya. Dan berikut ini cara menanam pohon zaitun yang baik dan benar.

Cara Menanam Zaitun yang Baik dan Benar

Sebelum menanam zaitun, langkah pertama yang harus disiapkan adalah media tanam, seperti arang sekam, tanah, dan pupuk kandang. Ketiga media tanam tersebut kemudian dicampur dan diolah secara merata dengan perbandingan 1:1:1.

Apabila anda sudah mendapatkan bibit pohon zaitun, maka siapkan pot atau bisa juga anda tanam langsung di halaman rumah, atau di kebun zaitun khusus yang pernah anda kelola. Jika ingin menanam langsung, maka gali tanah untuk menanam, ganti tanah dengan olahan media tanam tadi, agar unsur hara dalam tanah tercukupi, sehingga tanaman akan memperoleh nutrisi secara baik, sehingga bibit pohon zaitun cempat tumbuh dan berbuah.

Perawatan pohon zaitun di kebun sangat mudah, kerena hanya memerlukan penyiraman 1 kali sehari, setiap sore hari. Pohon zaitun sangat tahan terhadap panas dan sanggup beradaptasi pada cuaca yang tidak menentu.

Setelah memasuki umur 30 hari dalam masa perawatan, diperlukan juga pemupukan lanjutan untuk mengganti unsur hara dalam tanah yang hilang (terpakai). Gunakan pupuk NPK daun dan atau pupuk kandang sebanyak satu kepal tangan. Untuk selanjutnya pemupukan setiap 3-6 bulan sekali.

Semoga informasi singkat di atas bermanfaat untuk anda.

Artikel Terbaru

Cara Menanam Pohon Zaitun secara Baik dan Benar Dijamin Berhasil
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar