5 Alasan Benih Terong, Tomat, dan Cabe Susah Tumbuh dan Berkembang

Adakalanya dalam penyemaian benih/bibit terong maupun bibit cabe susah/sulit tumbuh dapat disebabkan oleh beberapa faktor, karena memang sebenarnya dalam penyemaian benih terong dan cabe haruslah mempunyai keterampilan khusus, ketekunan, kesabaran, telaten dan ulet.

Berikut ini langsung saja, saya sebagai pekebun yang juga pernah menyemai bibit cabe, terong, dan tomat akan sedikit membagikan informasi tentang alasan mengapa anda pernah gagal dan mengalami susahnya bibit cabe, terong, maupun tomat untuk tumbuh secara sempurna.

Pembibitan Cabe Menggunakan Campuran Tanah dengan Pupuk Hewan Ternak/Pupuk Kompos
Pembibitan Cabe Menggunakan Campuran Tanah dengan Pupuk Hewan Ternak/Pupuk Kompos, Photo Kontributor Oleh: KPCI/FB.

Ada beberapa alasan yang mengakibatkan benih terong, tomat, dan cabe susah tumbuh dan berkembang secara sempurna, karena:
  • Kurang bagusnya formulasi kandungan kompos dan pupuk kandang pada lahan bedengan semai/wadah pot polybag jika penanaman dengan menggunakan pot. Saran dari petani cabe profesional: Campurkan pupuk kandang/kompos/humus pada tanah yang hendak dijadikan tempat/media pembibitan. Campuran tanah + pupuk kandang/kompos perbandingan berturut-turut yakni 3 : 1.
  • Pastikan lahan/media pembibitan tidak tandus, saat pengolahan tanah sebaiknya hancurkan tanah hingga gembur dan mudah dibentuk menjadi lahan bedengan. Solusi: buat lahan bedengan dengan tinggi 15 - 20 cm (sesuaikan dengan kebutuhan), kemudian siram secara rutin lahan bedengan dimana tanaman bibit sedang tumbuh, sebaiknya penyiraman menggunakan air bersih tidak tercemar limbah cair (hindari penyiraman benih bibit dengan air sungai untuk hasil lebih optimal, dan gunakan saja air bersih);
  • Cabut gulma atau rumput liar agar tidak terjadi perebutan nutrisi/unsur hara antara tanaman bibit dengan rumput liar tersebut. Pantau pertumbuhan dan perkembangan tanaman dari waktu ke waktu untuk melihat progres tanaman ke depannya. Jika tanaman kerdil, segera lakukan tindakan pencegahan/penangan, misalnya dengan menambahkan pupuk sesuai dosis dan diagnosa pertumbuhan tanaman akibat kekurangan unsur hara tertentu. Solusi: Pada masa penyemaian bibit, sebaiknya gunakan pupuk kompos/kandang saja terlebih dahulu, sebab pada masa pembibitan tanaman masih dalam tahap penyesuaian (adaptasi) dengan lingkungan barunya;
  • Penyinaran cahaya matahari harus secara intensif diberikan pada tanaman cabe, terong, atau tomat yang susah tumbuh. Solusi: Penanaman bibit dilakukan di tempat terbuka, atau bisa membuat gubuk-gubuk dengan layar/atap dari plastik transparan bening berwarna putih. Cahaya sangat penting untuk fotosintesis tanaman (metabolisme sel) menghasilkan energi yang bermanfaat untuk tumbuh, pembentukan enzim dan hormon pertumbuhan.
  • Salah dalam teknik penyemaian benih cabe. Maka dari itu saya rekomendasikan anda membaca artikel berikut tentang: 3 Teknik Menyemai Cabe Streil Pro, Sistem Soil Block, dan Sistem Polybag.
Itulah tadi penjelasan tentang alasan benih terong, tomat, cabe susah tumbuh dan berkembang secara baik dan benar. Semoga bermanfaat untuk anda. 

Artikel Terbaru

5 Alasan Benih Terong, Tomat, dan Cabe Susah Tumbuh dan Berkembang
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar