Jika Lombok Besar Berguguran Daun, Bunga, dan Buahnya, Maka Ini yang Harus Anda Lakukan !

Selama masa hidupnya, tanaman cabe perlu mendapatkan perhatian serius dari petani yang membudidayanya, meliputi hal-hal penting yaitu perawatan tanaman.

Banyak sekali varietas cabe dan salah satunya adalah lombok besar (cabe besar). Dalam perawatan cabe besarpun sama dengan jenis cabe lainnya, yakni meliputi tahapan pendangiran dan penyiangan, penyiraman, pemupukan, pemberantasan hama dan penyakit, bahkan sampai kepada tahap perempelan tunas tanaman cabai.

Seringkali para petani cabe merasa bimbang dan tidak nyaman ketika tanaman cabe yang mereka budidaya mengalami gejala fisiologis yang aneh dan sulit diidentifikasi seperti organ daun, bunga, dan buahnya yang sering berguguran/rontok.


Tanaman Lombok Besar Berbuah Lebat dan Tanpa Kerontokan Buahnya
Tanaman Lombok Besar Berbuah Lebat dan Tanpa Kerontokan Buahnya. Photo Kontributor by: Ichin Sembalun.

Kerontokan pada daun, bunga, dan buah cabe bisa dimaklumi selama gejala yang muncul tidak terlalu serius, misalnya karena curah hujan tinggi maka sangat wajar sekali apabila tanaman cabe mengalami kerontokan buah atau bunganya.

Kekurangan unsur hara (defisiensi/kekahatan unsur hara) juga menjadi pemicu terjadinya kerontokan pada tanaman cabe, maka dari itu hal yang perlu anda lakukan adalah menambahkan pupuk organik maupun anorganik yang memiliki komposisi N, P, dan K yang cukup tinggi, sehingga gejala kerontokan yang muncul pada tanaman cabe akan segera ditangani dengan baik.

Sebab lain yang menjadi pemicu daun, bunga, dan buah cabe rontok bisa disebabkan karena tanaman cabe kekuranga  hormon kalin, atau bisa jadi daun cabe mengalami gejala nekrosis dan klorosis.

Sama halnya jika tanaman cabe kekurangan nutrisi, jika tanaman cabe yang anda budidaya ternyata daun, bunga, dan buahnya rontok maka berikan saja pupuk yang mengandung unsur hara N, P, dan K, yang banyak terdapat pada pupuk Phonska, KCl, SP-36, Urea, atau NPK. Pilih saja salah satu pupuk tersebut, dan saya merekomendasikan anda untuk mencoba menggunakan larutan pupuk phonska cair untuk tanaman cabai agar cepat berbuah lebat.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda. Salam bertani cabe, silakan baca dan klik: Pupuk Phonska Cair Sangat Bagus Agar Tanaman Cabe Berbuah Lebat.

Artikel Terpopuler

Jika Lombok Besar Berguguran Daun, Bunga, dan Buahnya, Maka Ini yang Harus Anda Lakukan !
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar