Cara Perawatan Akar serta Tunas Tanaman Cabe Agar Cepat Berbuah Lebat

Perawatan akar tanaman cabe ditujukan supaya tanaman cabe menjadi lebih kuat, kokoh, serta tidak mudah roboh karena misalnya tertiup angin kencang, atau karena intensitas hujan tinggi.

Akar tanaman dapat dilakukan perawatan dengan cara membuat akar tanaman cabe agar lebih sehat yaitu dengan cara diberi air (dilakukan penyiraman) pada tanaman cabe secara berkala. Baca juga: Manfaat Memberi Tiang Ajir Pada Tanaman Cabe.

Tanaman Cabe Berbuah Sangat Lebat dengan Akar dan Batang yang Kokoh
Tanaman Cabe Berbuah Sangat Lebat dengan Akar dan Batang yang Kokoh. Photo Original by: Ichin Sembalun.

Penyiraman tanaman sebaiknya menggunakan air bersih untuk mendapatkan kualitas tanaman yang jauh lebih baik. Sebisa mungkin hindari penyiraman tanaman cabe menggunakan air sungai yang tercemar limbah, karena di dalam limbah yang tercemar zat-zat toksik (zat racun, baca = toksikologi tanaman).

Zat toksik tersebut akan mengganggu dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman budidaya.

Selain faktor penyiraman, perawatan akar dan tunas tanaman cabe agar lebih sehat yaitu dengan cara dilakukan pemupukan tanaman secara teratur. Sebisa mungkin gunakanlah jenis pupuk yang banyak mengandung unsur Phospor (P), Calcium (Ca), Kalium (K), Magnesium (Mg), dan Nitrogen (N) dalam jumlah yang cukup.

Dari kelima unsur hara tersebut, unsur Nitrogen serta Mg sangat penting sebagai aktivitator berbagai jenis enzim dan memperbaiki fungsi transportasi pada jaringan xilem di akar.

Jenis pupuk yang mengandung unsur hara tersebut ternyata banyak dijual di pasaran/toko pupuk tanaman. Silakan baca dan klik artikel bacaan dari saya berikut ini, klik: 5 Teknik Perawatan Cabe, Panen 60 Kali Lipat.

Artikel Terbaru

Cara Perawatan Akar serta Tunas Tanaman Cabe Agar Cepat Berbuah Lebat
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar