Cara-Cara Membersihkan Gulma Pada Tanaman Cabe Sesuai Teknik yang Baik dan Benar

Membersihkan tanaman cabe dari gulma memang sangat mudah dikerjakan, dan hampir semua orang yang memang bukan petani juga pasti bisa, asalkan tahu caranya. 

Membersihkan gulma sebenarnya bisa saja dilakukan secara manual menggunakan tangan dengan cara mencabut rumput gulma. Namun, ada juga cara membersihkannya menggunakan alat-alat pertanian, seperti alat pengoret gulma, pencong/sekop kecil, cangkul, dan perkakas lainnya.

Tanaman Cabe Berbuah Lebat Karena Lahan Tanamnya Terbebas dari Gulma/Rumput Liar
Tanaman Cabe Berbuah Lebat Karena Lahan Tanamnya Terbebas dari Gulma/Rumput Liar. Photo Kontributor by: Muslehuddin.

Berikut ini macam-macam cara/teknik yang baik dan benar dalam membersihkan tanaman cabe dari gulma dengan menggunakan alat khusus, yaitu:

·         Gunakan alat pembersih gulma bisa menggunakan cangkul kecil, pencong, atau alat pendangiran/pengoret lainnya yang relevan;
·         Saat penyiangan/membersihkan gulma sebaiknya dilakukan secara hati-hati dan bisa dilakukan bersamaan dengan pendangiran (penggemburan lahan);
·         Koret gulma menggunakan alat di atas sampai kepada bagian akarnya, jangan sampai ada yang tertinggal di dalam tanah. Sebab, beberapa jenis gulma bisa memunculkan tunas pada bagian akar/rhizom/umbi yang tertinggal di dalam tanah;
·         Gulma/rumput yang sudah dibersihkan/dicabut/dikoret, sebaiknya langsung dikumpulkan dalam 1 tempat/lubang, kemudian tunggu sampai kering lalu dibakar supaya spora-spora pada gulma akan lenyap.


Itulah tadi penjelasan sederhana tentang bagaimana cara membersihkan tanaman cabe dari gulma atau rumput liar yang mengganggu pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabe. Semoga informasi di atas berguna untuk anda.  Jangan lupa klik dan baca juga artikel berikut ini: Keuntungan Positif Membersihkan Gulma Pada Tanaman Cabe.

Artikel Terpopuler

Cara-Cara Membersihkan Gulma Pada Tanaman Cabe Sesuai Teknik yang Baik dan Benar
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar