Contoh Tumbuhan Tahan Herbisida+Tahan terhadap Perubahan Cuaca Ekstrem

Beberapa jenis tanaman budidaya pertanian ada yang memang tahan terhadap suatu senyawa kimia tertentu yang berasal dari produk obat pertanian, seperti pupuk anorganik maupun pestisida. Ada juga jenis tanaman budidaya yang memang tahan terhadap perubahan cuaca, sekalipun cuacanya ekstrem, maka tanaman tersebut tetap tumbuh dan berkembang secara baik.

Tanaman Cabai Tahan Terhadap Cuaca Terik
Tanaman Cabai Tahan Terhadap Cuaca Terik, Photo Kontributor by: Muslehudien.

Adapun contoh tumbuhan/tanaman budidaya yang tahan terhadap herbisida adalah tanaman kedelai yang ditransfer gen resisten herbisida dari bakteri Agrobacterium sp galur CP4. Maka ketika tanaman kedelai disemprot dengan herbisida tertentu, maka hanya gulma (rumput-rumput liar) di sekitar pohon kedelai yang akan mati. Silakan baca juga: Faktor Intern dan Ekstern yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan.

Sementara itu, contoh tumbuhan yang tahan terhadap perubahan cuaca adalah tanaman tembakau yang mendapatkan transfer gen untuk megatur pertahanan terhadap cuaca dingin dari tanaman Arabidophis thaliana atau dari Cyanobacterium Anacyctis nidulans.


Itulah tadi penjelasan mengenai contoh jenis tumbuhan yang tahan terhadap herbisida maupun tumbuhan tahan terhadap perubahan cuaca dan iklim. Semoga berguna untuk anda. Jangan lupa baca dan klik artikel berikut ini, klik: Kultur Jaringan (Mikropropagasi Tanaman) dalam Bioteknologi Pertanian.

Artikel Terpopuler

Contoh Tumbuhan Tahan Herbisida+Tahan terhadap Perubahan Cuaca Ekstrem
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar