Pemupukan Terung Ungu

Terong merupakan jenis tanaman dari suku terong-terongan (solonaceae). Tanaman ini sangat mudah dibudidaya di berbagai jenis lahan, karena tanaman ini juga tidak begitu manja. Pada tanah jenis lempung berpasir, produksi buah terong akan semakin melimpah. Tanah lempung berpasir banyak dijumpai pada lahan-lahan di persawahan, di area perbukitan, dan pegunungan.

Dalam budidaya terung/terong ungu, ada salah satu cara perawatan tanaman, yakni dengan cara pemupukan terung ungu.

Pemupukan pada tanaman terong ungu bertujuan untuk memberi suplai nutrisi/unsur hara kepada tanaman, supaya proses pertumbuhan dan perkembangan berjalan optimal, serta tanaman akan lebih sehat, kuat, dan tidak gampang terserang penyakit.

Terong Ungu Diberi Pupuk Organis, Pertumbuhan Semakin Bagus
Terong Ungu Diberi Pupuk Organis, Pertumbuhan Semakin Bagus. Photo Original by: Wahid Priyono (Guru Ilmuan).

Pada kondisi cuaca ekstrem, misalnya curah hujan tinggi, terkadang kandung air di dalam tanah menjadi tinggi, dan tentu saja ini dapat berdampak buruk bagi tanaman terong ungu, terlebih jika dalam pembudidayaannya tidak terawat secara benar.

Pemupukan  pohon terong lebih baik menggunakan dua jenis pupuk, yang pertama adalah memakai pupuk organik, dan yang kedua menggunakan pupuk anorganik.

Pupuk organik yang dipakai adalah pupuk dari kotoran ternak yang dikeringkan (pupuk kandang). Pupuk kandang yang baik adalah pupuk dari kotoran ayam/itik, pupuk kotoran sapi dan kambing. Pupuk-pupuk tersebut dapat diberikan pada tanaman yang dalam masa semai, kira-kira umur 20 hst sejak pembenihan hingga tanaman mulai menghasilkan bunga. Saat tanaman telah menghasilkan bunga-bunga, maka pemupukan secara anorganik harus digencarkan. Dalam hal ini pupuk anorganik yang paling bagus supaya terung ungu berbuah lebat yakni memakai pupuk phonska.

Itulah tadi penjelasan mengenai cara pemupukan pada tanaman terung ungu. Semoga bermanfaat untuk anda. Untuk menambah wawasan anda, silakan baca juga artikel berikut ini: Cara Merawat Pohon Terong Agar Berbuah Selebat-Lebatnya.

Artikel Terbaru

Pemupukan Terung Ungu
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar