Jenis Pupuk yang Baik Untuk Akar, Batang, Daun, dan Bunga TOMAT

Membudidaya tanaman tomat memang sangat menyenangkan. Apalagi dalam budidayanya tersebut diimbangi dengan pengetahuan yang mendalam tentang morfologi dan fisiologi tanaman tomat, cara hidup, cara tumbuh dan berkembang, cara reproduksi, dan bagaimana cara terbaik untuk mendapatkan pertumbuhan bagian akar, batang, daun, dan bunganya lebih sempurna, sehingga hal ini akan berpengaruh signifikan terhadap laju pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Akar, batang, daun, serta bunga pada tanaman tomat sangat penting sekali mendapatkan nutrisi (unsur hara) secara langsung yang terdapat di dalam tanah, atau bisa juga melalui pemberian beberapa jenis pupuk tambahan untuk memperoleh hasil optimal.

Budidaya Tomat Rampai di Lahan Persawahan
Budidaya Tomat Rampai di Lahan Persawahan. Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan Indonesia).

Pemberian pupuk organik maupun pupuk anorganik pada tanaman tomat rupanya harus diberikan saat tanaman tomat menginjak masa pertumbuhan dan perkembangan. Pada masa pertumbuhan, misalnya pada saat seorang petani menyemai biji tomat, maka biji tomat setelahnya akan mengalami perkecambahan biji. Dimana proses perkecambahan biji ini pada akhirnya akan membentuk calon akar, batang, serta daun. Setelah menjadi tanaman bibit muda, tanaman tomat mengalami masa pertumbuhan dan pada saat inilah pemberian pupuk sangat penting supaya tanaman sehat dan terbebas dari sumber hama dan penyakit.

Adapun jenis pupuk yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan pada akar, batang, daun, serta bunga tanaman tomat adalah sebagai berikut:

  • Pupuk kandang (kotoran ternak yang dikeringkan);
  • Pupuk kompos dari serat tanaman membusuk/jerami padi yang dibakar; (pupuk serat tanaman);
  • KCL;
  • NPK Mutiara;
  • Pupuk Phonska;
  • Pupuk Urea;
  • Pupuk TSP.
Dari kelima jenis pupuk di atas, menurut pengalaman saya pribadi, memang sangat bagus sekali menggunakan salah satu dari jenis pupuk yang terdaftar di atas. Pupuk kandang, kompos, sebaiknya diberikan pada masa penyemaian bibit , dan ketika tanaman sudah menginjak waktu berbunga, sebaiknya beri pupuk phonska, urea, TSP, NPK, dan KCL. Dengan begitu, dijamin maka anda akan mendapatkan hasil panen tomat yang melimpah. 


Artikel Terbaru

Jenis Pupuk yang Baik Untuk Akar, Batang, Daun, dan Bunga TOMAT
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar