Arah Bedengan yang Tepat Untuk Menanam Tanaman Budidaya

Budidaya tanaman selalu diawali dengan tahap pembajakan lahan tanam kemudian dilanjutkan dengan membentuk lahan tanam menjadi beberapa lajur bedengan. Dan dengan dibuatkan bedengan ini tentu saja akan memberi dampak baik bagi pertumbuhan tanaman nantinya.

Bedengan dibuat dengan tujuan agar tanaman yang tumbuh tetap terjaga kebugarannya, sebab nutrisi yang ada di dalam tanah tidak cepat hilang sebelum diserap oleh akar tanaman ke bagian organ tanaman lainnya seperti akar, batang, daun, bunga, biji, bunga, bahkan pada organ buahnya.

Tanaman Cabe dengan Bedengan Bermulsa Plasik dan Diberi Tiang Ajir/Tiang Penyangga
Budidaya Tanaman Cabe dengan Bedengan Bermulsa Plasik dan Diberi Tiang Ajir/Tiang Penyangga . Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan Indonesia).

Pada umumnya, ketika melihat di lapangan, masih banyak sekali dijumpai para petani yang keliru/salah kaprah dalam membuat lahan bedengan. Ini bukan soal menjelekkan cara mereka, dan memang setiap petani pasti mempunyai pengalaman berbeda-beda dalam hal pembuatan lahan bedengan. Jadi, semuanya tidak mutlak harus seperti ini seperti itu dalam pembuatan bedengan. Namun setidaknya, dengan tutorial yang diberikan pada artikel kali ini, semoga bisa memberikan wawasan (pengetahuan) baru bagi bapak/ibu/remaja tani yang masih bingung tentang bagaimana arah bedengan yang tepat untuk menanam tanaman budidaya?

Berdasarkan pengalaman dan studi langsung ke lapangan, serta beberapa referensi dari petani profesional di daerah, bahwa dalam pembuatan lahan bedengan sebaiknya dari arah utara ke arah selatan. Mengapa demikian? karena dapat mempermudah proses fotosintesis makanan. Seperti diketahui bahwa tujuan dari proses fotosintesis yaitu untuk menghasilkan makanan berupa glukosa yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh dan berkembang, reproduksi, melakukan aktivitas fisiologis sehari-hari. Selain itu, arah bedengan dari utara ke selatan dapat mempertinggi laju pertumbuhan tanaman, mempercepat dalam pembelahan sel-sel di daerah meristematik tanaman, serta membuat tanaman lebih sehat dan cepat menghasilkan bunga dalam jumlah melimpah.

Dan yang paling penting juga adalah bagaimana upaya agar di setiap permukaan atas lahan bedengan selalu diberikan mulsa plastik dan tiang ajir sebagai penyangga tanaman cabe yang baru dipindah agar tidak mudah rebah/roboh yang diakibatkan oleh angin kencang, cuaca ekstrem maupun hujan dengan intensitas tinggi. Baca juga: Manfaat Memberi Tiang Ajir dan Mulsa.

Jadi kesimpulannya bahwa arah bedengan yang tepat saat dibuat adalah membujur dari arah utara ke arah selatan. Dan ini terbukti sangat baik dalam hal untuk memperoleh hasil tanam yang lebih optimal. Silakan anda buktikan sendiri dan lihat hasilnya sendiri. Semoga bermanfaat.

Untuk menambah wawasan anda, silakan klik dan baca juga artikel berikut ini: 8 Fungsi Lahan Bedengan atau Gulutan.

Artikel Terbaru

Arah Bedengan yang Tepat Untuk Menanam Tanaman Budidaya
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar