Waktu Paling Baik Untuk Menyiram Tanaman Cabe Yang Baru Disemai

Salah satu perawatan tanaman cabe yang tak boleh terlewatkan adalah "penyiraman". Penyiraman pada tanaman cabe memiliki beberapa tujuan yakni supaya tanaman cabe tidak mengalami dehidrasi (kekurangan cairan) pada bagian organ tanaman, mempercepat laju fotosintesis pada tanaman sebab fotosintesis pada tanaman membutuhkan air untuk proses fotolisis (pengubahan senyawa kimia air menjadi elektron H+ +1/2 O2. Selain itu, air juga berperan sebagai pelarut alamiah berbagai jenis enzim dan hormon pada tumbuhan (fitohormon) mencegah keguguran bunga dan buah, serta membuat supaya tanaman lebih sehat dan kuat.

Proses penyiraman pada tanaman cabe yang baru disemai (4 s.d 25 hst/hari sejak tanam) yakni dilakukan 1 kali penyiraman dalam sehari.  Waktu yang paling tepat untuk penyiraman tanaman cabe yang baru disemai adalah pada waktu setelah magrib atau bisa pada waktu sore hari setelah shalat ashar. Pada waktu tersebut, intensitas cahaya matahari sudah menurun, sehingga tanah siap untuk dilembabkan dengan cara diberi air.

Tanaman Cabe Masih Dalam Pembenihan
Tanaman Cabe Masih Dalam Pembenihan. Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan Indonesia).


Cara penyiraman cabe yang ditanam di wadah polybag yaitu dengan cara di siram secara tersebar dengan memastikan bahwa tanahnya menjadi lembab.

Pada umur 4 s.d 25 hst, biasanya bibit sudah ada di pot/wadah polybag dalam masa perawatan intensif sebelum nantinya tanaman muda dari polybag dipindahkan ke lahan terbuka (lahan bedengan bermulsa). Pada umur inilah, perawatan harus digencarkan, dan upayakan faktor penyiraman tidak boleh terlewatkan begitu saja, hal ini supaya kelembaban tanahnya terjaga dan pertumbuhan tanaman semakin membaik.

Setelah tanaman dipindahkan dari wadah polybag, maka pembesaran benih yang disemai dilakukan di lahan terbuka (bedengan bermulsa, dengan tujuan untuk menghasilkan tanaman dewasa dengan organ lengkap, termasuk buah cabenya lebat karena memang inilah tujuan dari bertani cabe supaya menghasilkan buah banyak dan harganya mampu bersaing di pasaran.

Sebagai panduan untuk metode penyiraman tanaman cabe, silakan klik dan pelajari pada bagian berikut ini, klik: Cara Penyiraman Tanaman Cabe yang Baik dan Benar.

Artikel Terbaru

Waktu Paling Baik Untuk Menyiram Tanaman Cabe Yang Baru Disemai
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar