Media Cangkok Tanaman yang Paling Praktis dan Terbukti Berhasil

Kegiatan mencangkok tanaman membutuhkan tingkat keterampilan (skill) yang tinggi. Keterampilan itu harus ditunjukan bagi setiap petani yang benar-benar ingin sukses dalam kegiatan mencangkok berbagai jenis tanaman buah dan sejenisnya.

Dalam pembibitan tanaman terdapat dua cara, yakni ada cara langsung menggunakan biji sebagai perkembangbiakan secara generatif, dan ada pula yang menggunakan cara vegetatif misalnya mencangkok, stek batang, sambung pucuk, teknik menempel, dan lain sebagainya. Silakan baca juga: Jenis-Jenis Tumbuhan yang Bisa Dicangkok (Cangkok Batang).

Jambu Biji Sedang Dicangkok Batang
Jambu Biji Sedang Dicangkok Batang, Photo Original by: Wahid Priyono (Guru Ilmuan Indonesia).

Dari cara perkembangiakan di atas, memang ada sisi keuntungan dan kelemahan masing-masing. Jika dilihat dari waktu tanam hingga tanaman menghasilkan buah tentu saja semua petani akan memilih teknik cangkok karena relatif lebih cepat dalam menghasilkan buah dibandingkan dengan cara menggunakan biji (generatif). Namun sisi kekurangan dari mencangkok adalah tanaman biasanya memiliki akar yang kurang kokoh di awal tanam hingga tanaman dewasa, karena pembentukan akar tunjang kurang optimal.

Berbicara tentang media cangkok yang paling tepat menurut pengalaman saya pribadi adalah sebagai berikut:

1. Media Cangkok Saat Hendak Mencangkok

  • Pertama siapkan tanah liat cokelat dan kemudian campurkan dengan pupuk organik dari kotoran ayam yang telah halus;
  • Perbandingan tanah liat cokelat dengan pupuk kotoran ayam adalah 4:1;
  • Setelah dicampurkan, lalu letakan campuran tanah+pupuk kotoran ayam ke dalam wadah/pembungkus yang digunakan untuk membungkus batang cangkok.
  • Wadah/pembungkus bisa dari plastik transparan, serabut kelapa, dan bahan lainnya yang diberi rongga-rongga dipermukaan wadahnya.
  • Jangan lupa ikat di bagian ujung pastik wadah tersebut dengan kawat/tali rapiah hingga kencang;
  • Kemudian tetap disiram selama pencangkokan berlangsung.
  • Pantau perkembangan pertumbuhan akar-akar pada batang tanaman yang dicangkok;
2. Media Tanam Hasil Cangkok Yang Siap Ditanam

Untuk media tanam hasil cangkok yang ditanam adalah sama dengan pada waktu hendak mencangkok yaitu tanah liat dan pupuk dari kotoran ayam/kotoran kambing/sapi. Cara penanaman batang cangkokan adalah:
  • Buat lubang tanam dengan berbentuk persegi, ukuran panjang 30 cm x 30 cm serta tinggi lubang tanam adalah 60 cm;
  • Setelah lubang dibuat, maka taburkan pupuk dari kotoran ayam di bagian dasar lubang tanam (1/3 dari tinggi lubang tanam), dan kemudian letakan batang hasil cangkok secara perlahan-lahan di atas pupuk kandang tersebut agar akarnya tidak rusak/tertarik. Tempatkan akar cangkok pada posisi yang benar;
  • Setelah itu timbun lubang tanam dengan tanah di sekitar lubang tanam hingga benar-benar tertumpuk dengan benar;
  • Selanjutnya berilah tiang penyangga pada tanaman cangkok yang baru ditanam untuk mencegah kerobohan yang mungkin bisa disebabkan karena angin kencang, hewan sekitarnya, atau dari intensitas curah hujan yang lebat;
Itulah beberapa penjelasan tentang media yang paling cocok untuk tanaman cangkokan. Semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa simak juga informasi berikut: Cara Mencangkok Jambu Biji dengan Sistem Berderet dalam Satu Batang.



Artikel Terbaru

Media Cangkok Tanaman yang Paling Praktis dan Terbukti Berhasil
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar