Cara Merawat Pohon TERONG Agar Berbuah Lebat Selebat-Lebatnya

Pohon terong merupakan salah satu dari jenis tanaman suku terong-terongan (solonaceae) yang banyak dibudidaya oleh masyarakat pertanian di Indonesia. Karena sifat tanaman yang mudah dibudidaya, maka tak heran bahwa pertanian hortikultur terong paling bagus dan banyak diminati oleh petani untuk ditanam di lahan yang mereka miliki.

Supaya tanaman terong berbuah lebat selebat-lebatnya, maka proses perawatan tanaman menjadi hal yang begitu berarti dan tak boleh terlewatkan begitu saja. Perawatan tanaman terong meliputi beberapa hal seperti penyiraman, pendangiran dan penyiangan, pemupukan, pencegahan hama dan penyakit. Hal yang paling tak boleh terlewatkan juga adalah faktor ketekunan seorang petani untuk terus memantau tanaman mulai sejak hari tanam sampai dengan menginjak waktu pemanenan. Baca juga artikel berikut: 4 Langkah Perawatan dalam Budidaya Terong Ungu.

1. Penyiraman Pohon Terong

Pohon terong yang sudah ditanam harus mendapatkan penyiraman yang intensif. Penyiraman tanaman sebaiknya menggunakan air bersih dan terbebas dari polutan cair/limbah yang bisa menyemari lingkungan tanaman.

Pada masa perkecambahan biji saat penyemaian bibit, penyiraman tanaman sangat penting untuk mencegah supaya tanaman bibit muda tidak mudah rusak, mati, atau mengalami krisis air (dehidrasi). Karena kalau hal tersebut terjadi maka bisa jadi tanaman muda (bibit) akan sulit tumbuh dan berkembang, yang pada akhirnya akan memengaruhi hasil panen nantinya.

Tanaman Terong Dalam Perawatan
Tanaman Terong Dalam Perawatan, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan Indonesia).

Idealnya, penyiraman tanaman terong dilakukan 2 kali sehari jika memang tanahnya tandus karena kemarau berkepanjangan, atau bisa 1 kali sehari jika memang kelembaban tanahnya sudah bagus, atau dengan kata lain bahwa tanahnya mendapat kandungan air cukup (semi basah).

Penyiraman juga mempengaruhi dalam proses fisiologis tanaman terutama untuk pertumbuhan sel, membantu dalam pemanjangan sel, menambah volume sel di daerah meristematik ujung batang dan ujung akar, air sebagai pelarut alamiah bagi tanaman serta membantu dalam proses fisiologis biji saat berkecambah, mengatur tekanan turgor sel, dan lain sebagainya.

Jadi kesimpulannya bahwa, penyiraman sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang tanaman terong supaya mendapatkan hasil optimal. Sebagai panduan silakan baca juga: 5 Artikel Agar Tanaman Cabai dan Terong Cepat Berbuah Lebat.

2. Pendangiran dan Penyiangan

Tanaman terong sangat penting dilakukan pendangiran dan penyiangan. Pendangiran bertujuan agar tanah di sekitar lahan tanam (tanahnya) menjadi gembur. Tanah yang gembur tentu saja memudahkan dalam penyerapan unsur hara mineral dari dalam tanah, juga penerapan air menuju akarnya akan semakin gampang.

Sementara itu, penyiangan juga menjadi hal penting untuk mencegah supaya lahan tanam terbebas dari gulma (rumput-rumput liar) yang mengganggu dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Penyiangan dilakukan dengan mengoret gulma hingga benar-benar lahannya menjadi lebih bersih dan minimal tidak ada gulma ukuran besar yang mengganggu tanaman.

3. Pemupukan Pohon Terong

Pohon terong harus mendapat nutrisi untuk tumbuh kembangnya. Nutrisi/unsur hara itu ibarat makanan yang akan menentukan laju pertumbuhan tanaman. Bayangkan jika tubuh manusia tidak mendapatkan nutrisi dalam 1 hari atau berbulan-bulan, maka bisa berefek pada kematian, lesu, dan kurang bergairah. Begitu juga tanaman, membutuhkan asupan nutrisi dari unsur hara yang dibutuhkannya. Silakan baca juga: Perawatan Terong Jilid 1: Pemupukan dan Pengairan Lahan (Irigasi).

Pemupukan pohon terong untuk usia masa penyemaian bibit sebaiknya gunakan saja terlebih dahulu jenis pupuk organik (pupuk kandang). Pada saat umur tanaman sudah beranjak dewasa, maka tanaman sudah siap diberi pupuk anorganik seperti KCL, Urea, NPK mutiara, Phonska, dan jenis lainnya. Pupuk-pupuk itulah yang menurut pengalaman saya paling bagus untuk membantu dalam menentukan keberhasilan dalam budidaya terong.

4. Pencegahan Hama dan Penyakit Pada Terong

Setiap tanaman hotikultur selalu saja ada hama dan penyakit yang menyertainya. Meskipun serangan hama dan penyakit pada tiap-tiap tanaman berbeda, namun jika pencegahan tidak dilakukan secara seksama maka akan berefek fatal bagi tanaman itu sendiri.

Beberapa jenis hama yang sering menyerang tanaman terong antara lain; busuk buah terong, hama kepik, hama wereng, ulat bulu, ulat grayak, lembing, dan lain sebagainya. Sementara itu, jenis penyakit yang menyerang tanaman terong bervariasi, yaitu ada penyakit yang disebabkan oleh cendawan/jamur parasit, bakteri patogen, dan aktivitas mikroorganisme parasit lainnya.

Pencegahan hama dan penyakit bisa dilakukan dengan tetap menjaga lingkungan tanam supaya tetap bersih dan terbebas dari gulma. Karena bagaimanapun juga ternyata gulma bisa menjadi tempat yang strategis bagi hama untuk bertelur dan berkembang. Selain itu, pencegahan dan pemberantasan hama dan penyakit yang parah bisa terpaksa menggunakan pestisida (insektisida/fungisida) yang cocok sesuai dosis/umur tanaman.

Jika keempat cara di atas dilakukan dengan bersungguh-sungguh, maka bersiaplah anda akan mendapatkan hasil panen terong yang lebih optimal dan dari segi finansial sangat menguntungkan bagi pertanian terong yang telah anda budidayakan. Sebagai pelengkap, silakan baca juga artikel berikut ini, klik: Panduan Praktis Budidaya Terong Ungu dan Terong Lalap.

Artikel Terbaru

Cara Merawat Pohon TERONG Agar Berbuah Lebat Selebat-Lebatnya
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

5 komentar

March 8, 2017 at 8:25 PM Delete

Artikelnya bagus,cuma keterangan obat /pestisida nya kok tidak diberi detilnya misal wereng obatnya dengan bahan aktif......,dsb.terimakasih.

Reply
avatar
March 14, 2017 at 11:04 AM Delete

Hallo pak Martoto Toto... salam kenal untuk anda pak. Terimakasih atas kunjungannya di blog saya.

Terimakasih kasih juga atas saran dan masukannya, akan segera saya lengkapi lagi cara perawatan pohon terong pada artikel di atas. matur nuwun pak.

Reply
avatar
June 3, 2017 at 6:44 PM Delete

Berapa jarak tanam terong yg ideal
Pada lahan terbuka

Reply
avatar
June 3, 2017 at 6:45 PM Delete

Berapa jarak tanam terong yg ideal
Pada lahan terbuka

Reply
avatar
June 4, 2017 at 12:03 PM Delete

Hallo pak La Musa. Salam kenal pak. Untuk jarak tanam ideal tanaman terong berdasarkan pengalaman saya adalah 40-50 cm. Bisa ditambah beberapa cm untuk jaraknya pak, sesuai kebutuhan. Namun, kebanyakan petani pake jarak tanam 50 cm pak supaya tidak terlalu berdampingan pas tanaman sudah dewasa.

Reply
avatar