Cara MENGGANJAL POHON CABE dengan TIANG AJIR

Perawatan cabe menjadi juru kunci dalam menentukan sukses atau tidaknya dalam membudidaya tanaman cabe, sebab jika perawatan tanaman sangat benar dilakukan, maka peluang tanaman cabe untuk banyak menghasilkan buah akan semakin terasa. Sebaliknya, apabila perawatan tanaman cabe tidak dilakukan secara benar, maka peluang tanaman untuk menghasilkan buah yang produktif akan sulit didapatkan, meskipun tetap menghasilkan buah, namun pertumbuhan buahnya sangat kurang produktif, hal ini juga tentunya akan memengaruhi harga jual buahnya di pasaran.

Salah satu jenis perawatan tanaman cabe yang tidak boleh terlewatkan yaitu tahap pemberian tiang ajir pada tanaman cabe, atau bisa juga dari istilah kebanyakan petani ada yang menyebutnya sebagai cara untuk mengganjal pohon cabe (pemberian tiang ajir).

Tanaman Cabe Dibudidaya Dilahan Bermulsa dan Diberi Tiang Ajir Dari Bilah Bambu
Tanaman Cabe Dibudidaya Dilahan Bermulsa dan Diberi Tiang Ajir Dari Bilah Bambu, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan Indonesia).

Pemberian tiang ajir/tiang penyangga pada tanaman cabe memiliki banyak fungsi bagi tanaman cabe, diantaranya yaitu:

  • Sebagai tiang penopang/pengganjal tanaman supaya tidak mudah roboh. Karena cuaca yang ekstrem dan juga biasanya karena intensitas curah hujan tinggi dan juga angin kencang terkadang membuat tanaman cabe mudah rebah/roboh/ambruk, sehingga jika tanaman cabe di kebun anda selalu diberi tiang ajir maka peluang tanaman untuk tumbuh bagus akan terwujud/tercapai;
  • Memposisikan tanaman agar tumbuh tegak lurus menghadap ke arah langit. Selain itu, tanaman cabe akan mudah diatur dan pertumbuhannya akan semakin bagus;
  • Memperbaiki fungsi organ tanaman, serta mencegah dari kemungkinan serangan hama pengerat batang tanaman, dan melindungi batang tanaman dari koyakan hewan-hewan herbivora;
  • Mempercepat penyampaian nutrisi (unsur hara) dan garam-garam mineral, air yang diserap dari akar tanaman kemudian diedarkan ke seluruh organ tanaman;
  • Membantu mempercepat proses fotosintesis pada tanaman cabe sehingga akan sangat mudah bagi tanaman dalam pembuatan makanan (istilah kerennya itu proses "anabolisme=pembentukan senyawa sederhana menjadi senyawa kimia yang kompleks melalui jalur metabolisme di dalam tubuh tanaman).
Sementara itu, untuk membuat tiang pengganjal/tiang ajir pada tanaman cabe, cukup anda bisa membuatnya langsung menggunakan bahan dari bilah-bilah bambu yang dipotong tebal, kira-kira panjangnya bisa ukuran 80 cm, atau bisa 100 cm (disesuaikan dengan kebutuhan). Namun, tetap disesuaikan dengan tinggi tanaman cabe yang telah berhasil anda budidaya.

Cara penggunaannya adalah: menancapkan tiang ajir tersebut ke dalam tanah di sekitar lokasi tanaman tumbuh. 1 tiang ajir hanya untuk 1 tanaman cabe, dan di letakan minimal sejauh 5 - 10 cm dari pusat tanaman tumbuh.

Dengan mengganjal tanaman cabe menggunakan tiang ajir, maka peluang tanaman untuk mengalami pertumbuhan yang baik akan tercipta. Jangan lupa juga selain pemberian tiang ajir, rawatlah juga tanaman cabe anda dengan tetap melakukan pemupukan sesuai jadwal yang benar, penyiraman tanaman cabe sesuai jadwal, perempelan tunas tanaman cabe, pendangiran serta penyiangan, serta tetap memantau supaya tanaman tidak terserang hama dan penyakit. Karena penyakit yang kebanyakan menyerang buah cabe adalah penyakit karat daun, layu fusarium, antraknosa, serta berbagai bakteri dan penyakit jamur yang disebabkan oleh aktivitas cendawan/jamur parasit.

Artikel Terpopuler

Cara MENGGANJAL POHON CABE dengan TIANG AJIR
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar