Blossom End-Rot Tomato Occurs Due to Lack/Deficiency of Calcium (Ca)

Menurut pemaparan petani muda asal Lampung, yakni Ari Setiawan melalui akun Facebooknya, menyebutkan bahwa penyakit busuk ujung buah tomat terjadi karena tanaman kekurangan unsur Kalsium (Ca), sehingga pembelahan dan pembesaran sel buah terganggu pada ujung buah. Akibat lainnya adalah daun menggulung ke bawah seperti terkena keriting.

Penyakit busuk ujung buah tomat (blossom end-root tomatto) adalah jenis penyakit tomat yang ditandai adanya perubahan warna seperti warna coklat atau hitam pada ujung buah. Penyakit tersebut dapat menurunkan kualitas dan produksi buah, sehingga tentu saja akan merugikan bagi para petani.

Penyakit Busuk Ujung Buah Tomat (Blossom End-Root Tomato) Karena Tanaman Tomat Kekurangan Unsur Kalsium (Ca), Photo Original by: Ari Setiawan (Uploading: Guruilmuan).

Penyakit busuk ujung buah tomat umumnya menyerang pada tanaman tomat yang sudah mencapai setengah dari ukuran maksimal. Gejala umum yakni munculnya bintik-bintik bulat di bagian pantat buah yang berlawanan dengan ujung pangkal batangnya. Bintik cokelat ini kemudian akan menjadi berubah warnanya menjadi hitam, dan kemudian mengikis seluruh permukaan kulit buah hingga dagingnya dan pada akhirnya membusuk.

Untuk mecegah penyakit busuk ujung buah tomat yakni dengan tetap melakukan pemupukan tanaman secara benar, usahakan penuhi kebutuhan kalsium (unsur Ca) bagi tanaman tomat. Karena biasanya sistem pertanian intensif yang disertai pemupukan tidak seimbang, maka seringkali menyebabkan gejala penyakit fisiologis akibat kekurangan (deficiency) unsur hara tertentu, dengan salah satu contoh yakni penyakit busuk ujung buah tomat yang paling sering ditemukan di lapangan/ perkebunan tomat rampai maupun tomat besar di Indonesia.

Pada stadium muda buah tomat, biasanya serangan penyakit busuk ujung buah ini sudah mulai terjadi, yakni mula-mula permukaan ujung pantat buah terlihat bercak berwarna hijau gelap kemudian berubah menjadi lekuk basah cokelat sampai kehitam-hitaman. Selanjutnya ujung buahnya akan mengerut, bentuknya pipih, dan daging buahnya setiap dompolan mengalami busuk basah, atau busuk kering, serta ditandai dengan buahnya yang rusak.

Serangan cendawan/jamur parasit juga dapat memperparah penyakit busuk ujung buah tomat ini, terutama jika serangan penyakit busuk ujung buah tomat ini terjadi pada musim hujan, dimana pada musim hujan inilah serangan hama dan juga cendawan akan tumbuh dengan baik.

Tips/Cara Mengatasi Busuk Buah Pada Tomat (Blossom End-Root Tomato)

Adapun cara mengatasi busuk buah pada tomat adalah sebagai berikut:

  • Buah tomat yang terserang segera dipetik, dikumpulkan lalu dibuang/dikubur di dalam tanah;
  • Apabila ditemukan adanya gejala kekurangan unsur Ca/Kalsium pada tanaman tomat, maka segeralah semprot tanaman dengan CaC12 pada seluruh permukaan daun  5-7 hari sekali secara berulang-ulang sampai sembuh;
  • Semprot tanaman tomat dengan pupuk daun yang mempunyai kandungan unsur Kalsium (Ca) sangat tinggi;
  • Lakukan pemupukan berimbang sesuai anjuran/rekomendasi dari dinas pertanian setempat. Hindarilah pemupukan Kalium dan Nitrogen secara berlebihan sebab dapat mempengaruhi penyerapan unsur Ca.
  • Pengairan (penyiraman) harus merata, jangan membiarkan lahan/tanah tempat pembudidayaan tanaman terlalu basah atau juga terlalu kering;
  • Lakukan pengapuran tanah sebelum pengelolaan tanah. Pengapuran tanah dapat menggunakan dolomit, kalsit, zeolit, agar tanah tidak terlalu asam. Biasaya menggunakan dolomit/zeolit/kalsit sebanyak 1.000 kg/ha lahan tanam, dengan cara mencampurkan dengan tanah yang sedang diolah.
Semoga dengan mengikuti teknik di atas, maka sangat diharapkan tanaman maupun buah tomat anda akan semakin membaik berkat mengikuti cara mengatasi penyakit busuk ujung buah pada tomat tersebut. Semoga informasi di atas berguna untuk anda, silakan klik dan baca juga: 5 Cara Memelihara Benih Tomat Rampai Agar Sehat dan Kuat.


Artikel Terpopuler

Blossom End-Rot Tomato Occurs Due to Lack/Deficiency of Calcium (Ca)
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar