Ari Setiawan, Petani Hidroponik Asal Lampung

Mengingat sosok Ari Setiawan, saya (Wahid Priyono) jadi teringat waktu dulu saya satu angkatan 2009 berkuliah di Universitas Lampung (Unila). Jika saya saat berkuliah di Unila mengambil konsentrasi di Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), maka teman saya tersebut Ari (nama sapaan) telah mengambil konsentrasi kuliah di Fakultas Pertanian Unila, di jurusan Agroteknologi. Ari sendiri tinggal di Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan.

Selain berkuliah, memang sosok saya dan juga Ari adalah tipe orang organisatoris, dimana kami selalu aktif di berbagai kegiatan kemahasiswaan (atau kalo istilah di sekolah dulu adalah kegiatan ekstrakurikuler). Kita selalu berpikir bahwa, "tidak serulah jika kuliah cuma kuliah doang, gak berwarna". Atau kalau dalam ranah mahasiswa, sering terdengar ucapan: "Mahasiswa Kupu-Kupu", yang artinya "KUliah-PUlang, KUliah-PUlang", atau mahasiswa kupu-kupu ini hanya mementingkan kegiatan akademik saja, jadi setelah kuliah yang pulang ke kosan, terus begitu sampai lulus sarjana...hehehe :)

Kini, Ari tengah menekuni dunia pertanian lebih jauh yakni dengan mencoba bercocok tanam dengan teknik hidroponik. Bahkan beberapa bulan yang lalu, saya sendiri pernah berkunjung ke rumahnya, dan melihat beberapa jenis tanaman sawi/caisim dihidroponik di samping halaman rumahnya. Sangat bagus memang. Saya juga sampai takjub, karena dia juga memperkenalkan apa itu hidroponik, dan setiap ada pertanyaan tentang hidroponik yang membuat saya penasaran, maka dia tidak ragu untuk membantu memberikan argumen dan ilmunya. Sekarang anda bisa mencoba bertemu dengan beliau?

Hingga pada beberapa waktu lalu, belum lama ini, Ari Setiawan juga tampil di acara Obrolan Tugu Gajah (OTG) at TVRI Lampung, pada 08 Agustus 2016, pkl.18.00 WIB. Pada waktu acara berlangsung, host OTG dibawakan oleh Hengki Yuliansyah, yang juga mahasiswa Universitas Lampung dengan angkatan yang sama dengan kami.

Dalam status yang disebarkan Ari melalui akun instagramnya, ia menuliskan beberapa kalimat inspiratif berikut ini:

Obrolan anak muda gak selalu tentang pacar, tapi bisa juga tentang dunia pertanian yang mulai ditinggalkan pemuda masa kini.
Bicara pertanian tak melulu tentang mencangkul, tetapi bisa juga tentang kebersamaan dan cita-cita.
Pertanian itu mudah dan menyenangkan. Penerapan teknologi adalah langkah memaksimalkan hasil yang berkualitas dan sehat.
Hidroponik membuatku percaya bahwa semua orang bisa jadi petani tanpa harus mencangkul.
Dengan belajar, peduli, & berbagi kita bisa buat pertanian Indonesia lebih baik.

Moment Saat Tim Petani Muda Lampung Live Obrolan di TVRI Lampung
Moment Saat Tim Petani Muda Lampung Live Obrolan di TVRI Lampung. Photo by: Ari Setiawan, Capture/SS: Wahid Priyono.

Hidroponics
Hidroponics, Photo by: Ari Setiawan, Uploading: Wahid Priyono.

Artikel Terpopuler

Ari Setiawan, Petani Hidroponik Asal Lampung
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar