Apakah Tanaman CABE Harus Menggunakan Mulsa dan Tiang Ajir?

Dalam membudidaya tanaman cabe, sebaiknya anda harus menggunakan mulsa dan juga tiang ajir sebagai perangkat pelengkap dalam membudidayanya. Mengapa hal ini perlu dilakukan? sebab, untuk mendapatkan hasil produksi buah cabe cukup melimpah tentu saja pengorbanan dana dan juga keterampilan dalam membudidaya tanaman adalah hal mutlak untuk mewujudkan harapan tersebut.

Jika anda bertanya, apakah tanaman cabe harus menggunakan mulsa dan tiang ajir? Maka saya katakan itu adalah hal wajib yang semestinya anda terapkan dalam budidaya cabe untuk hasil yang lebih optimal.

Tanaman Cabe Rawit Jengki Berbuah
Tanaman Cabe Rawit Jengki Berbuah dengan Bantuan Perangkat Mulsa Plastik Perak, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan Indonesia).

Berikut ini silakan anda simak manfaat/fungsi/peranan dari penggunaan mulsa dan tiang ajir dalam budidaya cabe:

1. Manfaat Penggunaan Mulsa dalam Budidaya Cabe

Adapun manfaat/kegunaan dari penggunaan mulsa plastik, ataupun mulsa alamiah dari serat jerami padi, diantaranya adalah:

  • Menjaga kelembaban dan suhu tanah agar tetap stabil;
  • Menjaga kondisi unsur hara, garam-garam mineral, air agar tetap berada posisi yang dibutuhkan tanaman;
  • Mencegah lahan bedengan (lahan tanam) dari erosi/runtuhnya tanah bedengan karena faktor tertentu, seperti intensitas curah hujan tinggi, reruntuhan tanah akibat pijakan kaki hewan-hewan bertubuh besar, termasuk pijakan dari kaki manusia;
  • Meminimalisir hilangnya unsur hara penting bagi tanaman;
  • Mempercepat proses penyerapan nutrisi (unsur hara) oleh tanaman melalui akar ke bagian organ atas tanaman secara kontinyu;
  • Mempercepat laju pertumbuhan dan perkembangan tanaman;
  • Produksi buah semakin meningkat 2 kali lipat jika menggunakan mulsa;
  • Penggunaan mulsa ramah lingkungan, artinya dapat digunakan beberapa kali pakai;
  • Tingkat kesuburan tanah akan semakin bagus, menjaga tanah agar tetap gembur;
  • Mengurangi adanya hama pada tanaman, sebab cahaya matahari yang dipantulkan ke permukaan mulsa plastik maka cahaya tersebut akan diteruskan ke bagian permukaan batang dan organ tanaman, sehingga larva-larva sulit berkembang.

Untuk keunggulan tanaman cabai pakai mulsa, dapat anda baca juga pada artikel berikut: Keunggulan Tanaman Cabai Pakai Mulsa.

2. Manfaat Penggunaan Tiang Ajir dalam Budidaya Cabe

Jika anda sudah membaca manfaat dari penggunaan tiang ajir maupun mulsa dalam budidaya cabe, maka sudah saatnya ketika anda budidaya cabe segera menerapkan prinsip di atas, karena sudah banyak para petani cabe profesional di Indonesia yang membuktikan terkait ada kaitannya sukses budidaya cabe dengan perawatan tanaman yang benar, termasuk penggunaan perangkat mulsa dan juga tiang ajir sebagai pelengkap dalam budidaya tanamannya.

Adapun manfaat dari penggunaan tiang ajir/tiang penyangga untuk cabe adalah sebagai penopang tanaman cabe agar tidak mudah roboh saat tertiup angin kencang, atau bisa juga digunakan supaya pertumbuhan tanaman cabe lurus menghadap langit, serta menambah kecepatan penghantaran nutrisi dari akar menuju ke organ tanaman lainnya (batang, daun, bunga, buah, biji).

Sebagian petani juga percaya bahwa penggunaan perangkat mulsa dan juga tiang ajir dapat memperbaiki kualitas tanaman supaya tidak tumbuh kerdil. Tentu hal ini juga harus ditopang dengan perawatan tanaman lainnya, seperti: sistem irigasi tanaman secara baik, pemupukan sesuai umur tanaman cabai, pendangiran dan penyiangan tanaman cabe, serta berbagai jenis perawatan tanaman cabe lainnya termasuk perempelan yang dapat mempercepat tanaman cabe untuk menghasilkan buah sangat lebat.


Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda, sebagai bahan referensi bacaan, silakan anda lanjutnya membaca dan klik artikel berikut ini: 5 Teknik Perawatan Tanaman Cabai, Panen 60 Kali Lipat.

Artikel Terpopuler

Apakah Tanaman CABE Harus Menggunakan Mulsa dan Tiang Ajir?
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar