Berapa Lama Umur Bibit Tomat Rampai Akan Berkecambah?

Pada perkecambahan biji tanaman, selalu diawali dengan proses dormansi biji dimana proses dormansi ini merupakan proses dimana biji sedang istirahat. Sebenarnya biji tanaman yang sedang istirahat ini bukan berarti total tidak melakukan aktivitas biologisnya, akan tetapi tetap pada masa dormansi, maka biji tetap melakukan aktivitas fisiologisnya yakni mempersiapkan bahan-bahan genetis untuk melakukan pembelahan sel nantinya.

Pembelahan sel pada biji selalu diawali dengan proses perkecambahan, dimana setelah biji mengalami aktivitas perkecambahan, maka akan diiringi dengan proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan seperti faktor eksternal cahaya juga dapat menentukan seberapa lama maupun cepat tanaman itu akan berhasil menjadi tanaman produktif yang siap dikembangkan.

Semua tanaman berbiji pasti mengalami perkecambahan untuk menghasilkan tanaman muda yang unggul dan dapat dipelihara hingga menghasilkan buah atau beberapa organ tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat.

Termasuk biji dari tomat rampai, maka dalam penyemaiannya selalu diawali dengan penyebaran benih secara random (acak) pada bedengan tanah atau bedengan yang sudah dicampuri dengan pupuk kandang/pupuk hijau tertentu. Sementara untuk umur bibit tomat rampai akan mulai berkecambah setidaknya pada umur 3 - 5 hari. Namun, berdasarkan pengalaman ayah saya yang juga hobi berkebun, kata beliau bahwa untuk perkecambahan biji tomat rampai akan terjadi idealnya pada umur semai 4 hari. Dan pada umur 18 atau 20 hari sejak semai awal, maka bibit sudah tumbuh bagus termasuk sudah muncul daun, batang, dan juga akarnya. Jadi, pada umur semai bibit rampai di atas 20 hari, maka bibitnya sudah siap untuk ditanam di lahan bedengan panjang yang dibuat dengan ukuran panjang, lebar, serta tinggi bedengan sesuai dengan yang dibutuhkan petani.

Berikut ini foto-foto hasil semai tomat rampai yang pernah kami coba terapkan di lahan persawahan dengan teknik sederhana menggunakan atap dari kelari (daun kelapa).

Foto 1:

Biji Tomat Rampai Berkecambah Menghasilkan Tanaman Muda
Biji Tomat Rampai Berkecambah Menghasilkan Tanaman Muda, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan).

Foto 2:

Penyemaian Tomat Rampai
Penyemaian Tomat Rampai, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan Indonesia).


Foto 3:

Hasil Semai Tomat Rampai yang dilakukan oleh Wahid Priyono (Admin Guruilmuan).
Hasil Semai Tomat Rampai yang dilakukan oleh Wahid Priyono (Admin Guruilmuan).

Itulah tadi beberapa foto/gambar hasil semai tomat rampai yang pernah kami lakukan. Semoga informasi di atas bermanfaat. Silakan lanjutkan membaca artikel terkait tentang: Cara Semai Tomat Rampai Bintang Asia yang Baik dan Benar.

Artikel Terpopuler

Berapa Lama Umur Bibit Tomat Rampai Akan Berkecambah?
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar