5 Kiat Agar Buah MenTimun Tidak Bengkok dan Tidak Mengerucut

Mentimun dengan nama ilmiah/nama latin Cucumis sativus, merupakan jenis tanaman bersulur dari suku timun-timunan (Cucurtabitaceae). Tanaman mentimun akan tumbuh bagus pada area tropis seperti di Indonesia. Di Asia, mentimun adalah jenis tanaman yang paling banya dibudidaya oleh petani di Indonesia.

Banyak cara yang dilakukan petani untuk menghasilkan panen mentimun yang lebih optimal, termasuk teknik perawatan tanaman, hingga pada proses pemberantasan hama maupun penyakit yang tidak penting bagi tanaman mentimun itu sendiri.

Buah Mentimun Varietas Moza Terkadang Membengkok
Buah Mentimun Varietas Moza Terkadang Membengkok, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan Indonesia).

Perawatan tanaman mentimun lainnya adalah tentang bagaimana supaya buah mentimun tidak berbuah bengkok, alias buahnya akan tumbuh lurus-lurus dengan bobot ideal yang disukai konsumen di pasaran.

Berikut ini kiat supaya buah mentimun/timun tidak bengkok, selengkapnya berikut ini:


  1. Tanamlah buah pohon mentimun membentang dari arah utara ke selatan, maksudnya buat bedengan untuk menanam mentimun tersebut dari arah utara menuju arah selatan, supaya proses fotosintesis tanaman berlangsung dengan benar. Untuk lebar, tinggi, dan panjang bedengan sesuaikan saja dengan luas lahan yang tersedia;
  2. Berilah pupuk anorganik yang kaya akan kandungan unsur hara Nitrogen (N) dan Phosfor. Karena unsur hara Nitrogen tersebut juga berperan dalam proses pengendalian daerah meristematik dan pemanjangan sel pada buah timun;
  3. Faktor varietas benih juga sangat menentukan apakah buah yang dihasilkan tanaman nantinya bengkok atau tidak. Sebagai contoh, ayah saya yang hobi berkebun mentimun juga pernah mencoba varietas mentimun monza. Timun monza tak sebagus timun mercy, karena walaupun harga benihnya lebih mahal, akan tetapi buahnya banyak yang bengkok dan mengerucut, bahkan rasa buahnya ada yang pahit; maka dari itulah beli bibit mentimun yang benar-benar berkualitas dan terbukti hasil buahnya tidak bengkok. 
  4. Untuk mencegah keadaan terburuknya, anda boleh berkonsultasi dengan petani mentimun profesional atau penjual bibit saat hendak membeli bibit di toko tanaman hortikultura;
  5. Beberapa petani sudah pernah mencoba dengan cara mengikatkan tali pada batu dengan berat ideal pada ujung buah mentimun, namun hasilnya kurang optimal.
Mungkin saja dari kelima cara/kiat di atas dapat membantu anda yang sedang mencari artikel tentang bagaimana cara supaya buah mentimun (timun) tidak bengkok saat sudah mulai buahnya banyak. Silakan baca juga: Cara Budidaya Mentimun Organik Agar Cepat Berbuah Lebat.

Artikel Terpopuler

5 Kiat Agar Buah MenTimun Tidak Bengkok dan Tidak Mengerucut
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar