Pupuk Agar KELENGKENG Cepat Berbuah Lebat

Membudidaya kelengkeng - Dalam kegiatan pembudidayaan kelengkeng, ada salah satu tahap dalam serangkaian aktivitas perawatan tanaman yakni melakukan pemupukan. Pemupukan tentu saja menjadi hal penting dan sangat berperan penting dalam pemberian nutrisi (makanan) terhadap tanaman. Jika nutrisi (unsur hara) terpenuhi secara baik dan cukup, maka bisa menekan tanaman lebih cepat menghasilkan buah lebat.

Kegiatan pemupukan dapat dilakukan dengan dua cara, yakni, pertama dengan pemberian pupuk dasar yang berasal dari kotoran hewan, pupuk daun/hayati, pupuk kompos, dan sejenis lainnya. Kedua, yakni dengan penambahan jenis pupuk anorganik yang banyak beredar di pasaran.

Usahakan dalam pemilihan jenis pupuk, sebaiknya pilihlah jenis pupuk yang banyak mengandung unsur Nitrogen. Pupuk yang kaya kandungan Nitrogen sangat bagus bagi tanaman, sehingga memang unsur hara Nitrogen ini berperan penting dalam proses enzimatis, fotosintesis, dan pembentukan pigmen klorofil pada daun tanaman.

Tanaman Kelengkeng Cangkok
Tanaman Kelengkeng Cangkok, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan).

Sebagai informasi, ada dua jenis pupuk yang sangat bagus dalam menunjang keberhasilan budidaya kelengkeng.

Pertama, adalah pupuk kandang. Pupuk kandang sangat bagus dalam menunjang pertumbuhan tanaman kelengkeng. Pada saat tanam awal, sebaiknya berikan pupuk kandang terlebih dahulu (sangat direkomendasikan pakai pupuk dari kotoran ayam yang kaya akan unsur hara Nitrogen), karena adaptasi (penyesuaian) tanaman terhadap jenis pupuk terbaik pertama yaitu dengan pupuk kandang. Jangan sekali-kali anda langsung memberikan pupuk anorganik terhadap tanaman kelengkeng hasil cangkok langsung dengan pupuk anorganik, maka tanaman akan rentan mengalami kematian, klorosis pada bagian daunnya, daunnya rontok dan diikuti dengan patah atau rusaknya ranting dan rusaknya pembuluh akar. Oleh sebab itu, berilah rentang waktu setidaknya 1 bulan ke atas barulah bisa tanaman kelengkeng diberi tambahan pupuk anorganik.

Kedua, berilah tanaman kelengkeng dengan pupuk bioboost. Pupuk ini sudah banyak dijual baik secara premium di pasaran dan dinas pertanian setempat. Anda bisa segera memiliki pupuk tersebut untuk menunjang dalam kegiatan pertanian kelengkeng di kebun anda. Pupuk bioboost ini telah banyak terbukti memberi hasil optimal pada tanaman buah, sehingga tanaman buah cepat berbuah lebat dan menghasilkan. Penggunaan pupuk tersebut harus disesuaikan dengan dosis dan umur tanaman kelengkeng.

Itulah kedua jenis pupuk yang paling bagus untuk tanaman buah, terutama bagi tanaman kelengkeng. Semoga informasi di atas menambah wawasan anda. Silakan baca juga: Cara Budidaya Kelengkeng Agar Cepat Berbuah Lebat dan Menguntungkan Bagi Petani.

Artikel Terpopuler

Pupuk Agar KELENGKENG Cepat Berbuah Lebat
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

2 komentar

June 23, 2016 at 4:31 PM Delete

Mohon info mengenai cara penanaman lengkeng dari biji

Reply
avatar
June 23, 2016 at 11:05 PM Delete

Oke terimakasih atas sarannya untuk perkembangan website guruilmuan. Salam kenal untuk anda, sobat M.Zaenal.

Reply
avatar