Penyebab Daun Menguning Setelah Dicangkok

Mencangkok merupakan cara yang dilakukan untuk memperbanyak tanaman agar cepat menghasilkan buah. Dibandingkan dengan perkembangbiakan tanaman secara generatif menggunakan biji, maka mencangkok akan jauh lebih bagus dan unggul dalam menghasilkan tanaman pertanian yang mampu cepat tumbuh dewasa, serta mempercepat waktu pembungaan tanaman hingga menghasilkan buah.

Pada saat mencangkok hal yang sangat penting dan harus dipahami bagi pencangkok itu sendiri yakni pada saat menguliti kulit batang, maka akan muncul lendir di sekitar permukaan kayu dalamnya, sehingga penting sekali untuk membuang lendir tersebut atau dengan cara mengeringkannya. Lendir tersebut adalah bagian dari kambium yang jika dibiarkan maka akan berdampak pada berhasil atau tidaknya kegiatan mencangkok tanaman tertentu.

Pohon Jambu Biji Dicangkok dengan Sistem Berderet. Photo Original by: Guruilmuan (Wahid Priyono)
Pohon Jambu Biji Dicangkok dengan Sistem Berderet. Photo Original by: Guruilmuan (Wahid Priyono)

Batang tanaman yang telah dicangkok sebenarnya bisa saja dibiarkan tanpa perawatan serius, namun pada beberapa jenis tanaman tertentu, semisal pohon mangga dan jambu, maka perawatan sangat penting dilakukan, salah satunya adalah penyiraman tanaman pada bagian tanah yang digunakan untuk mencangkok.

Penyiraman pada media tanah yang digunakan untuk mencangkok sangat penting sekali. Akan tetapi, penyiraman jangan terlalu berlebihan, karena akan berdampak pada terjadinya daun menguning. Daun menguning dapat diindikasikan bahwa tanaman kekurangan unsur hara Nitrogen yang berperan penting dalam proses enzimatis, hormon, dan juga pertumbuhan sel di bagian apeks akar. Sehingga saat membuat media cangkok, sebaiknya campurkan tanah liat dengan pupuk kandang tahi ayam kering dengan perbandingan berturut-turut yakni 90% : 10%.

Pohon Jambu Biji Hasil Cangkok Sistem Berderet. Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan Indonesia).
Pohon Jambu Biji Hasil Cangkok Sistem Berderet. Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan Indonesia).

Perlu anda perhatikan juga bahwa mencangkok perlu keterampilan dan kedisiplinan, dengan cara memantau pada bagian batang tanaman yang dicangkok, apabila dalam waktu setidaknya 2 bulan sudah nampak adanya akar pada batang cangkok maka bisa dipastikan langkah yang anda lakukan benar. Ikuti petunjuk di atas sebagai langkah awal anda sukses dalam memulai kegiatan mencangkok tanaman. Semoga berhasil. Silakan baca juga artikel terkait di bawah ini seputar kegiatan mencangkok:


Artikel Terpopuler

Penyebab Daun Menguning Setelah Dicangkok
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar