Mengenal Ciri-Ciri Umum Tanaman CABE Terserang Hama THRIPS

Keanekaragaman jenis hama maupun penyakit yang seringkali menyerang tanaman pertanian memang terbilang cukup bervariasi, sehingga dalam pengendaliannya dibutuhkan kebijakan serius dari petani, serta membeli/menggunakan produk obat pertanian secara tepat.

Berbicara tentang tanaman cabe yang terserang hama thrips (hama trips), biasanya akan memunculkan tanda-tanda khusus, seperti: Pada daun cabenya akan nampak terdapat garis-garis keperakan, terdapat bercak-bercak kuning hingga kecoklatan. Selain itu, tanaman/pohon cabe yang terserang hama trips biasanya pertumbuhannya kerdil dan pada musim kemarau (kering), maka serangan hama trips ini akan hebat.

Oleh masyarakat petani di Indonesia, hama trips ini dikenal sebagai agen pembawa virus dan epidemi (penyebaran) sangat cepat dan terkadang para petani sangat kuwalahan (sulit sekali) untuk mengendalikan hama thrips tersebut.

Tanaman Cabe Berkualitas Tinggi Terbebas Dari Hama Thrips
Tanaman Cabe Berkualitas Tinggi Terbebas Dari Hama Thrips, Photo Original by: Guruilmuan (Wahid Priyono, S.Pd.) 

Namun, anda tidak perlu khawatir jika tanaman cabe di kebun anda telah menderita penyakit thrips, yakni anda dapat melakukan pengendalian hama trips baik secara teknik maupun kimiawi.


  • Pengendalian hama trips secara teknis (alamiah), yakni dengan memanfaatkan predator alami dari hama trips tersebut, seperti kepik dan kumbang. Pemakaian mulsa dan menjaga kebersihan kebun cabai terbukti sangat efektif untuk menekan perkembangannya. Selain itu, penerapan teknik rotasi tanam juga sangat bagus untuk menekan angka perkembangan dari hama jenis trips yang sangat membahayakan bagi pertanian cabe di Indonesia;
  • Pengendalian hama thrips secara kimiawi, yakni dengan melakukan penyemprotan tanaman cabe dengan insektisida khusus hama trips yang banyak dijual di pasaran. Penyemprotan dilakukan jika serangan trips meluas. Gunakanlah insektisida dengan bahan aktif fipronil, dan sebaiknya penyemprotan dilakukan pada waktu sore hari.
Itulah tadi penjelasan tentang ciri umum tanaman cabe terserang hama trips dan bagaimana cara tepat dalam pengendaliannya. Semoga bermanfaat untuk anda, selanjutnya silakan baca juga: Mengenal Ciri-Ciri Penyakit Patek Atau Antraknosa.

Artikel Terbaru

Mengenal Ciri-Ciri Umum Tanaman CABE Terserang Hama THRIPS
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

2 komentar

February 2, 2017 at 9:56 PM Delete

mas saya mnta saran, pucuk cabe saya mati, wrna nya hitam sprti terbakar. saya sudah kasih pestisida merek decis. tpi tidak ada perubahan. mohon sran nya mas

Reply
avatar
February 4, 2017 at 7:14 AM Delete

untuk pertanyaan bapak yang ini sudah saya balas lewat email pak. Silakan dicek. Saya juga sudah membuatkan artikelnya di >> http://guruilmuan.blogspot.com/2017/02/solusi-mengatasi-daun-cabe-layu-seperti.html .Semoga bermanfaat.

Reply
avatar