Kendala Musim Hujan Pada Tanaman KAKAO

Tanaman kakao yang sudah menghasilkan buah memang perlu mendapatkan perhatian serius untuk dorawat dengan baik, terutama pada saat musim hujan.

Pada waktu musim hujan, pertumbuhan bakteri, jamur/cendawan, dan berbagai penyakit yang menyerang tanaman cukup tinggi, apalagi buah kakao sangat sensitif terhadap curah hujan terlalu tinggi.

Kendala tanaman kakao pada waktu musim hujan, sebagai akibatnya banyak dialami oleh tanaman kakao yakni buahnya mudah rontok, sebelum menghasilkan buah maka bunganya sering rontok, dan yang lebih parah lagi yakni buah kakao mengalami penyakit busuk buah.

Pohon Kakao dan Buahnya
Pohon Kakao dan Buahnya, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan).

Penyakit busuk buah pada kakao memang seringkali terjadi waktu musim hujan. Ciri dari buah kakao yang mengalami penyakit busuk buah, diantaranya adalah pada kulit buah terdapat bercak berwarna cokelat tua, baik bercak itu hanya sedikit maupun melebar ke seluruh permukaan kulit buahnya. Bercak cokelat ini lama-kelamaan akan menyebar, serta pada bagian biji buahnya seringkali mengalami kebusukan.

Untuk mencegah penyakit busuk buah, banyak petani kakao yang sulit menanggulanginya. Metode konvensional seringkali digunakan petani kakao, seperti membuang dan membakar buah kakao yang telah diidentifikasi sebagai penyebab terjadi penyakit tersebut (dengan cara dipetik). Ada juga petani yang mengubur buah kakao yang terkena penyakit busuk buah tersebut.

Sebagai langkah penanggulangan/pencegahan dari penyakit busuk buah pada kakao, maka sebaiknya petani tetap menjaga kebersihan lahan tanaman pohon kakao, serta memantau perkembangan buahnya hingga menjelang waktu panen tiba. Baca juga: Teknik Pemetikan, Pengupasan, dan Pengolahan Kakao.

Artikel Terpopuler

Kendala Musim Hujan Pada Tanaman KAKAO
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar