Berapa Lama Buah SIRSAK MASAK di Pohonnya?

Buah sirsak biasanya dapat dibudidaya baik bibit yang didapatkan secara generatif dari biji maupun secara vegetatif menggunakan cangkok batang, dan lain sebagainya.

Kebiasaan masyarakat petani buah di Indonesia, mereka cenderung mendapatkan bibit sirsak dengan cara cangkok, karena alasan lebih cepat tumbuh dewasa serta menghasilkan buah banyak. Selain itu, tanaman sirsaknya dapat ditanam pada pot besar, dengan cara nantinya tanaman sirsak dapat dibuat tanaman mini seperti layaknya tanaman bongsai.

Pada saat masa pertumbuhan, tanaman sirsak harus sangat rajin dilakukan perawatan, mulai dari penyiraman, pemupukan, pemeliharaan tanaman dengan melakukan pendangiran, penyemprotan hama dan penyakit, serta melakukan pemotongan tunas liar pada tanaman dengan tujuan supaya tanaman lebih genjah (cepat) menghasilkan buah dan percepatan pembungaan.

Pohon Sirsak Berbuah, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan).
Pohon Sirsak Berbuah, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan).

Perawatan tanaman sirsak yang bagus tentu saja akan berbanding lurus dengan hasil panen yang didapat. Selain itu, mengetahui berapa lama buah sirsak masak, tentu saja tidak ada hal yang dapat dijawab secara pasti, karena dengan kondisi lingkungan di tiap-tiap daerah yang berbeda maka proses pemasakan pada buah juga berbeda-beda di tiap daerahnya. Namun, secara umum dibutuhkan setidaknya 1,7 - 2 bulan untuk mendapatkan tingkat kematangan buah sirsak yang optimal sejak buahnya pentil (buah masih dalam kondisi muda). Jangan lupa baca juga: Cara Budidaya Sirsak Agar Cepat Berbuah Lebat dan Menguntungkan Bagi Petani.

Artikel Terpopuler

Berapa Lama Buah SIRSAK MASAK di Pohonnya?
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar