Bagaimana Cara Menanam CABE Agar Banyak Buahnya ?

Menanam cabe di lahan perkebunan memang tergolong cukup mudah, asalkan ditekuni secara baik. Tanaman cabe dapat tumbuh baik pada lingkungan tropis, pencahayaan cukup, serta jenis tanah liat berlempung adalah hal terbaik untuk mendapatkan hasil panen cabe yang lebih menguntungkan.

Setiap petani/pekebun cabe pastinya mereka mempunyai cara tersendiri masing-masing untuk mendapatkan hasil panen cabe lebih optimal, serta memperoleh produksi buah cabe di pohonnya yang banyak, serta buahnya berlimpah ruah.

Tanaman Cabe Rawit Jengki
Tanaman Cabe Rawit Jengki, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Berdasarkan hasil diskusi dengan petani/pekebun cabe, bahwa untuk mendapatkan tanaman cabe yang berbuah banyak, maka ada beberapa kiat yang ditempuh, yakni diantaranya:

1. Gunakan Teknik Penyemaian Cabe Steril Pro/Sistem Gelintir


Penyemaian cabe dengan teknik steril pro memang terbukti ampuh dalam mendongkrak hasil pertanian cabe agar lebih optimal. Dibandingkan dengan teknik manual dengan penyemaian langsung di lahan bedengan semai, penyemaian bibit cabe dengan teknik steril pro terbukti mampu menghasilkan tanaman genjah (cepat), serta bibit tanamnya lebih sehat dan tumbuh serentak. 

Sementara itu, penyemaian cabe dengan sistem gelintir terbukti ampuh juga dalam mendapatkan bibit tanam cabe berkualitas tinggi. Silakan baca: Waktu Pemindahan Bibit Cabe Yang Paling Tepat.
2. Berikan Larutan Pupuk Phonska Cair

Larutan pupuk phonska cair memang selama ini paling baik digunakan untuk memberikan perawatan baik bagi tanaman cabe. Jika usai pemberian larutan ini, pasti hasilnya sangat bagus, yakni tanaman cabe lebih subur, organ tanamannya lebih baik, dan nampak sehat.

Sebagai panduan untuk pembuatan larutan pupuk phonska cair, anda bisa mempelajarinya dengan cara membaca artikel lanjutan berikut ini: Cara Pembuatan Larutan Pupuk Phonska Cair Untuk Tanaman Cabai. Semoga bermanfaat.

Artikel Terpopuler

Bagaimana Cara Menanam CABE Agar Banyak Buahnya ?
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar