Jangka Waktu Panen Cabe Tiap Kali Musim Tanam

Peristiwa yang sangat-sangat ditunggu oleh para pembudidaya cabe adalah waktu panen. Dimana waktu panen ini merupakan tahapan akhir dari proses pembudidayaan cabe sebagai hadiah dari jerih payah yang telah dilakukan petani mulai dari tahap penyiapan dan penyemaian bibit, tahap penanaman, perawatan tanaman cabai, hingga kepada proses akhir adalah kegiatan pemanenan.

Kegiatan pemanenan cabe memang dapat dilakukan dengan mudah, meskipun pada prakteknya terkadang bila petani cabe pemula tentu saja ada sebagian dari mereka yang belum mengetahui tentang bagaimana teknik dalam memetik buah cabe yang baik dan benar, sehingga mereka butuh belajar dan mencari sumber referensi yang lebih akurat.

Tanaman Cabe Berbuah Lebat
Tanaman Cabe Berbuah Lebat, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan).

Memetik buah cabe yang salah tentu saja dapat memengaruhi produktivitas hasil panen berikutnya, semisal memetik cabe yang dilakukan dengan cara ditarik kasar, atau dicabut sembarangan maka tentu saja hal ini akan merusak bunga-bunga yang terkadang terhimpit pada ruas batang, atau di sekitaran ketiak daun dan di sela-sela dimana buah cabe itu tumbuh dan berkembang.

Terkait dengan jangka waktu panen cabe tiap musim tanam setiap petani berbeda-beda, hal ini tentu saja dipengaruhi oleh banyak faktor seperti:

  • Kondisi cuaca dan iklim di daerah setempat, karena kondisi cuaca maupun iklim yang cenderung ekstrem bisa jadi membuat waktu tumbuh bunga dan buah cabe menjadi lebih lambat, atau tidak dapat diprediksi secara pasti tentang rentang pemanenannya. Namun setidaknya pasti tiap-tiap petani memiliki cara tersendiri untuk menentukan jangka waktu panen per jenjangnya dari tanaman cabe yang mereka budidaya;
  • Kondisi tanah dan pemupukan. Pemupukan cabe yang dilakukan secara rutin dan mengikuti kaidah yang tepat tentu saja akan memberikan dampak positif terhadap laju pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman cabe, ini akan memberi peluang yang bagus untuk membuat tanaman cabe lebih cepat menghasilkan bunga yang berujung pada pembentukan buah yang lebat-lebat; Baca: 3 Cara Alami Agar Cabe Cepat Subur dan Berbuah Lebat.
  • Faktor perawatan tanaman cabe yang serius dan ditekuni dengan bagus tentu saja akan memberi dampak yang bagus pula terkait dengan hasil panen, termasuk cabe akan lebih sering berbuah sehingga jangka waktu panennya menjadi lebih pendek, sehingga selang beberapa hari sudah dapat dipetik berulang-ulang. Hal ini tentu saja akan menguntungkan bagi para petani cabe untuk lebih poduktif; Baca: Cara Merawat Cabe Umur 1, 2, 3, 4 Bulan yang Baik dan Benar.
Setidaknya ketiga faktor di atas sangat menentukan seberapa cepat jangka waktu panen cabe. Sebagai seorang petani cabe tentu saja anda harus memiliki inisiatif untuk terus rutin merawat tanaman cabe hingga panen berlangsung.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda, jangan lupa baca juga: 6 Teknik Perawatan Cabai, Panen 60 Kali Lipat.

Artikel Terpopuler

Jangka Waktu Panen Cabe Tiap Kali Musim Tanam
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar