Hortikultura Tomat RAMPAI

Buah rampai banyak sekali dijumpai di pasaran. Tanaman tomat rampai banyak sekali dibudidaya di daerah kecamatan Natar (kabupaten Lampung Selatan), di daerah Tanggamus Lampung, di Liwa (Kabupaten Lampung Barat), di daerah Kalianda (Lampung Selatan), Gisting (Lampung), dan beberapa daerah lainnya di Pulau Jawa juga banyak sekali dijumpai sentra penanaman tomat rampai.

Budidaya tomat rampai terbilang cukup susah-susah gampang, hehe. Karena pembudidayaan tanaman ini mengharuskan jenis tanah yang cocok. Bagusnya jenis tanah yang digunakan yaitu tanah liat lempung berpasir yang banyak terdapat di daerah persawahan dan juga di perbukitan.

Mengenal hortikultura tomat rampai tentu saja kita akan berbicara lebih jauh tentang:

  • Apa itu tomat rampai?
  • Bagaimana ciri-ciri pohon serta buahnya?
  • Bagaimana cara membudidayanya?
  • dan beberapa pertanyaan x, y, z, dan banyak lainnya yang harus dijawab satu persatu.
1. Apa itu tomat rampai?

Jawab: Tomat rampai adalah salah satu jenis tomat dengan ukuran cukup kecil (biasanya besarnya seukuran kelereng), dan mungkin juga bisa lebih besar dari kelereng.

Bibit Tomat Rampai Sedang Disemai
Bibit Tomat Rampai Sedang Disemai, Photo Original by: Wahdi Priyono (Guruilmuan Indonesia).

2. Bagaimana ciri-ciri pohon serta buahnya?

Jawab: Pohon tomat rampai mempunyai ciri-ciri yakni perawakan tubuhnya setidaknya setinggi 30 - 60 cm, tergolong tanaman berkeping satu, daunnya berwarna hijau agak keputihan, sistem perakarannya serabut, pertulangan daunnya tidak teratur, serta banyak tumbuh di daerah-daerah yang mengandung unsur hara tinggi. 

Buah Tomat Rampai Di Pohonnya
Buah Tomat Rampai Di Pohonnya, Photo Original by: Wahid Priyono.

Di tanah lempung berpasir pertumbuhannya sangat bagus. Sementara itu, untuk ciri dari buah rampai yakni pada saat muda berwarna hijau agak keputihan, dan pada saat matang kulit buahnya berwarna merah, orange, atau merah kecokelatan. Memiliki daging buah dengan rasa masam, serta bijinya tersebar dan berjejer di dalam daging buahnya.

3. Bagaimana cara membudidayanya?

Jawab: Untuk membudidaya tomat rampai, maka hal yang harus diperhatikan pertama kalinya yaitu tentang lokasi penanaman, sebaiknya carilah lokasi/daerah penanaman yang letaknya strategis dan mengizinkan tanaman untuk tumbuh lebih optimal. 

Di daerah-daerah pedesaan (sawah) sangat tepat sekali untuk membudidaya tomat rampai, di daerah perbukitan/pegunungan, serta di area lingkungan/perkebunan rumah, di halaman sekolah dan instansi perkantoran juga bagus ditanami pohon rampai. Untuk panduan lengkap tentang tatacara dalam budidaya tomat rampai, silakan anda bisa pelajari pada artikel berikut ini, klik: Cara Menanam Buah Tomat di Kebun dan di Sawah.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda. Salam budidaya pertanian !

Artikel Terpopuler

Hortikultura Tomat RAMPAI
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar