Cara Rinci Menanam CABE MERAH Agar Cepat Berbuah Lebat

Menanam cabe memang membutuhkan perjuangan yang cukup panjang. Ditambah lagi, biaya operasional dalam membudidayanya memang harus secara benar diperhitungkan dan dikalkulasi mendetail supaya biaya yang keluar akan dapat dihitung dengan hasil jual nantinya.

Cabe merah memang sangat baik dibudidaya di lahan tropis seperti di Indonesia. Masyarakat petani di Indonesia lebih senang membudidaya cabe dengan alasan harganya yang cukup fantastik dan cenderung stabil dibandingkan hasil pertanian lainnya. Kadangkala jika harga jual cabe tinggi, maka petani/pekebun akan diuntungkan secara finansial.

Pembudidaya cabe merah cukup marak di Indonesia. Adapun daerah pemasok cabe merah seperti di daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Palembang, Sumatera Utara, dan beberapa daerah di Kalimantan dan Sulawesi. Umumnya pembudidayaan cabe merah dilakukan di lahan persawahan dengan alasan aliran irigasi yang cukup terjangkau. Selain itu, tak dipungkiri bahwa para pekebun cabe menanam cabenya di lahan pertanian hortikultura khusus tanaman sayur mayur dan buah, atau bisa dilakukan secara tumpang sari, vertikultur, hidroponik, dan biasanya masyarakat khusus perkotaan menanamnya di depan-depan rumah/kebun yang mereka kelola sendiri di sekitaran halaman rumah.

Cabe Merah Berbuah Lebat
Cabe Merah Berbuah Lebat, Photo Original by: Guruilmuan (Wahid Priyono).

Sebaiknya anda dapat membaca secara serius pada artikel berikut ini jika anda ingin benar-benar berbisnis cabai merah, silakan klik dan baca: Panduan Lengkap Budidaya Cabe Merah Agar Cepat berbuah Lebat.

Jika anda mengikuti panduan di atas, saya rasa insya Allah hasil budidaya cabe anda akan semakin bagus dan berkualitas. Apa yang telah ditulis pada panduan di atas semata-mata sebagai saran berbagi informasi terkait pengalaman yang pernah saya lakukan dalam budidaya cabe merah.

Agar hasil pertanian anda semakin mantap, jangan lupa tambahkan resep berikut, silakan baca: 5 Teknik Perawatan Cabai, Panen 60 Kali Lipat.

Artikel Terpopuler

Cara Rinci Menanam CABE MERAH Agar Cepat Berbuah Lebat
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar