Bagaimana Cara Memperoleh Benih Mentimun Berkualitas?

Bagaimana Cara Memperoleh Benih Mentimun Berkualitas?

Benih (bibit) mentimun dapat diperoleh melalui dua cara, yakni dengan cara langsung diperoleh dari pohonnya langsung, dan juga didapat dari pembelian bibit mentimun langsung di toko bibit tanaman.

Jika bibit timun diperoleh langsung di toko atau kios khusus yang menjual benih tanaman, maka saat anda membeli benih mentimun di kios bibit, sebaiknya anda melihat kemasan produk bibit tersebut dan pastikanlah bahwa bibit telah terverifikasi dari dinas pertanian atau produsen yang membuat produk bibit tersebut. Bibit yang dibeli harus dipastikan bahwa terbebas dari bakteri/penyakit patogen supaya ketika proses pendewasaan tanaman di lahan tidak mudah terserang bakteri atau kuman yang berbahaya (parasit) tersebut.

Buah Mentimun Yang Tua Siap Dijadikan Bibit
Buah Mentimun Yang Tua Siap Dijadikan Bibit, Photo Original by: Guruilmuan (Wahid Priyono, S.Pd.).

Benih bibit juga dapat diperoleh dari kebun mentimun sendiri, yakni dengan cara membiarkan buah mentimun yang sudah berumur menjadi tua di pohonnya. Buah timun yang hendak dijadikan bibit sebaiknya dibiarkan saja hingga kulit luarnya menjadi berwarna putih kekuningan/kuning kecokelatan. Untuk memperoleh bibit dari buah yang sudah tua tersebut, caranya yakni dengan membelah bibit menjadi dua bagian (potong secara membujur dari pangkal buah ke arah ujung buah), lalu biji-biji yang berderet pada daging buah lalu dikerok menggunakan jari-jari tangan lalu dimasukan pada ember yang telah berisi air bersih. Bisa juga menggunakan abu sekam padi untuk menghilangkan lendir-lendir yang ada pada bijinya. (Baca juga: Cara Membuat Bibit Mentimun Sendiri Dari Buah Yang Telah Masak).

Bibit/biji mentimun yang dikerok selanjutnya dibersihkan dari lendir-lendir yang ada pada sekitar kulit bijinya, bisa menggunakan abu sekam padi atau daun bambu yang di kremes-kremes (dihancurkan). Selanjutnya adalah mengambil bibit yang tenggelam di dalam air karena bibit tersebutlah yang dapat tergolong berkualitas, selebihnya bibit yang mengapung/melayang di atas air itu biasanya bibit yang kurang berkualitas atau peluang untuk berkecambahnya sangat rendah (kurang potensial untuk tumbuh, atau bahkan tidak bisa tumbuh dan berkecambah).

Bibit timun yang telah dibersihkan lalu dijemur selama 2 - 3 hari, bibit yang telah kering kemudian dikemas dan dimasukkan ke dalam botol-botol kaca, lalu ditutup dengan busa gabus. Selama bibit dimasukan ke dalam wadah botol maka bibit mengalami masa dormansi (masa istirahat pada biji sebelum berkecambah). Bibit mentimun yang berkualitas jika penyimpanan dilakukan secara benar dapat bertahan hingga 9 - 11 bulan bahkan lebih. Sebaiknya bibit disimpan pada tempat yang sejuk dan kering, tapi jika mau ditanam kembali, bibit harus dijemur ulang, barulah setelah itu bibit siap ditanam/dikecambahkan. Baca juga: Cara Pengolahan Lahan dan Penanaman Benih Mentimun yang baik dan benar.

Artikel Terpopuler

Bagaimana Cara Memperoleh Benih Mentimun Berkualitas?
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar