5 Artikel Agar Tanaman Cabai dan Terong Cepat Berbuah Lebat

Terong dan cabai merupakan diantara sekian banyaknya tanaman hortikultura sayur dan juga buah-buahan. Masyarakat Indonesia telah mengenal kedua jenis tanaman sayur ini, dan dari tangan merekalah kebanyakan kedua tanaman ini ditanam.

Secara geografis, tanaman cabai dan juga terong membutuhkan kondisi lingkungan sejuk, dan pada lingkungan yang panas, biasanya tanaman akan gampang mati serta pertumbuhan organ serta buahnya akan menjadi lebih cungkring/kurus.

Kedua jenis tanaman tersebut akan tumbuh bagus di daerah perbukitan, area persawahan, dan beberapa lokasi strategis lahan hortikultura, dengan jenis tanah lempung berpasir.

Namun, ada beberapa hal yang perlu dilakukan petani/pekebun yang hendak membudidaya cabai dan terong yakni melakukan perawatan yang baik dan benar, sebab baik itu tanaman terong maupun cabai sangat rentan sekali terserang hama dan juga penyakit.

Terutama untuk tanaman terong yang sangat sensitif terhadap hama dan juga penyakit tanaman, yang seringkali gejala maupun penyakitnya meluas pada bagian organ daun, batang, hingga pada buahnya. Penyababnya yakni bakteri, virus, serta hama parasit yang menghabisi organ daun, sehingga organ daunnya seringkali bopeng (berlubang-lubang). Perhatikan gambar di bawah ini.

Daun Terong Terserang Penyakit
Daun Terong Terserang Penyakit Tampak Berkas Kuning Kecokelatan, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Mempunyai pohon cabe dan terong yang sehat adalah harapan semua unsur petani di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Karena dengan perawatan yang baik dan intensif, tentu saja hasil panen akan dapat diperhitungkan dengan jelas, dan kemungkinan baik terong maupun cabe untuk berbuah lebat juga akan mungkin terjadi, dengan catatan kedisiplinan dalam membudidaya dan perawatan tanaman adalah hal mutlak yang tak boleh terlewatkan begitu saja.

Tanaman Terong Tumbuh Sehat dengan Perawatan Tepat
Tanaman Terong Tumbuh Sehat dengan Perawatan Tepat, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Hal paling mendasar dalam memulai kiat supaya tanaman cabai dan terong berbuah lebat yakni dengan mengikuti beberapa langkah yakni:

Itulah tadi uraian dan arahan artikel untuk menentukan langkah tepat agar tanaman cabai dan terong cepat berbuah lebat. Semoga bermanfaat untuk pembelajaran pada kesempatan hari ini.

Artikel Terpopuler

5 Artikel Agar Tanaman Cabai dan Terong Cepat Berbuah Lebat
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar