10 Varietas dan Jenis-Jenis Tanaman Melon Yang Banyak Dibudidaya oleh Petani Melon

Tanaman melon mempunyai banyak varietas unggul dan tahan terhadap penyakit. Beberapa petani sangat selektif ketika akan menanam melon agar hasil panen selangit. Caranya mereka memilih bibit melon sesuai dengan kondisi lahan dan iklim di wilayah itu.

Terkadang ada beberapa varietas buah melon yang tidak cocok ditanam pada kondisi lingkungan tertentu, baik karena faktor cuaca, iklim maupun jenis tanahnya. Jika tanaman buah melon ditanam pada lingkungan yang kurang sesuai biasanya akan mempengaruhi hasil panen yang kurang optimal. Pembelian bibit melon sebaiknya langsung kepada petani melon yang berpengalaman dibidangnya. Sebisanya mungkin Anda juga harus mampu bertanya dan berkonsultasi jika ada beberapa hal yang kurang dipahami tentang cara budidaya tanaman melon.

Setiap para petani/pekebun melon di Indonesia pasti mempunyai varietas/jenis-jenis tanaman melon yang paling hobi untuk dibudidaya, sehingga dari hasil pemetikan buah melon saat panen nantinya akan didapatkan buah melon berkualitas tinggi (hight quality) dan tentunya mahal saat dijual di pasaran.

Karena setiap varietas tanaman melon tentu saja mempunyai ciri khas, dan juga waktu panen serta cara perawatannya pun biasanya akan berbeda pula. Sehingga dengan adanya perbedaan ini, tentu saja para petani melon untuk sesekali mungkin mencoba juga berbagai macam jenis melon yang hendak dibudidaya.

Tanaman Buah Melon Varietas Mai 119, Photo Original by: Muhammad Hadi/Uploading Wahid, Guruilmuan
Tanaman Buah Melon Varietas Mai 119, Photo Original by: Muhammad Hadi/Uploading Wahid, Guruilmuan

Berikut ini beberapa varietas unggulan melon yang banyak dibudidaya oleh para petani buah, dan tentu saja varietas yang disebutkan di bawah ini merupakan varietas unggul dan paling digemari oleh para pekebun melon di Indonesia, seperti:

  • Sunrise Meta, yaitu buah melon dengan kulit buah berwarna putih dan tidak berjala, bentuk buahnya agak lonjong, daging buah berwarna orange, umur panen sekitar 60 hari setelah tanam, tekstur daging buah kenyal, renyah, dan rasanya begitu manis. 
  • Orange Meta, adalah varietas melon dengan kulit buah berwarna orange dan tidak berjala di bagian kulit buahnya. Bentuk buah lonjong, dapat dipanen saat buah mencapai umur 60 hari pasca tanam, memiliki daging buah yang lezat, kenyal, dan rasanya manis. 
  • Action 434, adalah varietas melon yang diproduksi oleh PT. Tanindo Subur Prima, dengan penampilan buah mirip seperti varietas sky rocket. 
  • Mai 119, yakni varietas buah melon yang memiliki bobot buah mencapai 3,5kg, bentuk buah bulat dengan kulit buah berwarna hijau dan berjala, daging buah berwarna orange, umur panen sekitar 65 hari, varietas pendahulunya yakni Mai 116, daging buah terasa manis dan teksturnya sangat kenyal. 
  • Varietas Mai 116, merupakan jenis/varietas melon dengan daging buah manis, tekstur buah kenyal dan cocok untuk bahan olahan minuman buah.
  • Varietas Sky rocket, yaitu varietas buah melon dengan bobot buah dapat mencapai 3-3,4kg. Bentuk buah bulat, kulit buah berwarna hijau dan berjala, daging buah berwarna hijau muda, rasanya manis, tekstur daging buah kenyal, dapat dipanen pada usia 65-70 hari setelah tanam.
  • Golden Meta, varietas melon ini mempunyai daging buah berwarna kuning keemasan dan kulit buah memiliki garis-garis tidak teratur seperti jala. 
  • Bright Meta, kulitnya menyerupai orange meta, akan tetapi daging buah berwarna putih terang, serta rasa buahnya manis. 
  • Snow White Meta, merupakan varietas buah melon dengan ciri permukaan kulitnya berwarna putih dan berjala, serta daging buahnya berwarna putih bersih, daging buah terasa kenyal dan manis dan tak kalah manis dengan orange meta. 
  • Apollo meta adalah jenis varietas buah melon yang diproduksi oleh PT. Know You Seed dengan daging buah berwarna putih bersih, tekstur daging buah renyah dan manis, buah berbentuk lonjong dengan bobot mencapai 2,00 - 3,00kg/buah. Umur panen jenis buah ini sekitar 63-5 hari sejak pasca tanam. Selain kesembilan varietas buah melon di atas, ada juga varietas buah melon yang sangat populer dan terkenal seperti reticulatus, inodurus, dan cantalupensis yang memiliki ciri buah berjuring, pemukaan kulit buah tidak mulus, aroma daging buah sangat kuat (wangi), dan memiliki warna daging buah yaitu kuning (orange); contohnya yakni Blewah.
Itulah tadi sekitar ada 10 dari varietas/jenis-jenis tanaman melon yang telah banyak dibudidaya oleh para petani/pekebun di Indonesia. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda. Jangan lupa anda baca juga artikel berikut ini: Karakteristik dan Syarat Tumbuh Tanaman Melon.

Artikel Terpopuler

10 Varietas dan Jenis-Jenis Tanaman Melon Yang Banyak Dibudidaya oleh Petani Melon
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

2 komentar

November 11, 2016 at 7:30 AM Delete

Hallo sobat Rizky. Mohon maaf untuk artikelnya memang telah kami lindungi. Semoga anda tidak kecewa ya. Salam kenal. Terimakasih juga telah berkunjung dan membaca artikel varietas dan jenis2 tanaman melon.

Reply
avatar