Tujuan dan Manfaat Pemberian TIANG AJIR Pada Cabe di Lahan Bedengan

Pemberian tiang ajir pada tanaman cabe memang semestinya menjadi bagian terpenting dalam budidaya cabe jenis apapun.

Tiang ajir dapat terbuat dari bahan bambu yang dipotong-potong dengan tinggi 80 - 100 cm. Tiang ajir yang telah dibuat kemudian ditancapkan di samping pusat tanaman tumbuh, lalu dapat dihubungkan dengan benang-benang nilon dari satu tiang ke tiang ajir lainnya.

Pada tanaman cabe muda yang baru selesai penyemaian, saat diberi tiang ajir maka sebaiknya terlebih dahulu diikat sementara pada bagian batang ajir dengan tali rafia kecil (jangan terlalu kencang mengikatnya), namun nanti pada saat tanaman cabe berumur 1 bulan atau lebih, pengikat tersebut dapat dilepas dan membiarkan tanaman cabe tetap tertopang oleh tiang ajir tersebut.

Tiang ajir secara langsung dapat membantu para petani untuk mendapatkan kualitas tanaman yang bagus dan lebih menghasilkan.

Tanaman Cabe Merah Keriting (CMK) Diberi Tiang Ajir Dari Bambu
Tanaman Cabe Merah Keriting (CMK) Diberi Tiang Ajir Dari Bambu, Photo Original by: Wahid Priyono (#Guruilmuan)

Adapun tujuan maupun manfaat pemberian tiang ajir pada tanaman cabe adalah sebagai berikut:

  • Sebagai penopang supaya tanaman cabe tidak mudah roboh/rebah. Terutama pada tanaman cabe muda yang baru dipindah/ditanam di lahan bedengan maka pemberian tiang ajir penting untuk melatih supaya tanaman cabe tetap kokoh berada pada posisi semestinya;
  • Sebagai penopang supaya tanaman cabe agar tidak mudah rusak dan terganggu hewan herbivora lainnya, selain itu supaya tanaman cabe berada pada posisi yang tepat dan tak mudah terkoyak oleh curah hujan tinggi;
  • Supaya bunga-bunga cabe lebih tumbuh bagus, sehingga tidak mudah disenggol oleh serangga, karena posisi tumbuhnya mantap;
  • Membantu mempercepat proses fotosintesis karena tanaman berada posisi yang tepat, karena tertopang tiang yang kokoh;
  • Memperbaiki fungsi tumbuh tanaman agar tetap dapat dioptimalkan;
  • Agar tanaman tumbuh lurus menghadap ke langit/ atau sejajar tumbuh ke arah atas, sehingga proses pembentukan bunga dan buah akan mudah diatur sedemikian rupa;
  • Tujuan pemberian tiang ajir lainnya supaya tanaman cabe lebih mudah diatur dan secara estetika enak dipandang mata.
Beberapa tujuan dan manfaat pemberian tiang ajir di atas semestinya dapat dilakukan oleh para petani/pekebun cabe yang sedang dalam merintis budidaya cabe agar lebih menghasilkan.

Yakinlah bahwa pemberian tiang ajir justru akan menjadikan pertanian cabe anda menjadi lebih bagus, dan semoga jika dilakukan secara tepat dapat meningkatkan produktivitas hasil panen yang diharapkan.

Sekarang silakan dipraktekan tatacara pemberian tiang ajir di atas, semoga hasil pertanian kebun cabe anda jauh lebih baik dari sebelumnya, jika di waktu sebelumnya anda belum pernah menggunakan tiang ajir dalam budidaya cabe.

Itulah tadi penjelasan tentang tujuan dan manfaat pemberian tiang ajir dalam budidaya tanam cabe. Semoga bermanfaat untuk anda sebagai tambahan informasi. Salam budidaya pertanian, jangan lewatkan pula artikel menarik berikut: Tips Dasar Merawat Pohon Cabe Yang Kerdil dan Kurus.

Artikel Terpopuler

Tujuan dan Manfaat Pemberian TIANG AJIR Pada Cabe di Lahan Bedengan
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar