7 Kriteria Tanaman Cabe Yang Subur dan Sehat

Membudidaya cabai dengan perawatan yang baik tentu saja hal yang seharusnya dilakukan oleh bapak/ibu petani dan pekebun dimana saja anda berada. Sebab, jika perawatan tanaman cabai dilakukan secara baik, tentu hasil panen juga akan baik.

Salah satu keberhasilan panen cabe secara banyak juga ditentukan oleh waktu dan rutinitas petani dalam menekuni budidaya cabai sampai menghasilkan buah. Setahap demi setahap mulai dari penyemaian benih hingga penanaman dan waktu panen tiba merupakan serangkaian kegiatan yang begitu penting sehingga akan menciptakan tanaman dengan tumbuh kembang baik.

Mendapatkan tanaman cabe dengan pertumbuhan subur dan sehat adalah harapan bagi semua petani/pekebun cabe, sebab dengan begitulah akan diperoleh juga buah cabe yang baik dan berkualitas tinggi (hight quality).

Tanaman Cabe Merah di Perkebunan Hortikultura
Tanaman Cabe Merah di Perkebunan Hortikultura, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Ada beberapa macam tanda-tanda apabila tanaman cabe mengalami pertumbuhan baik, serta tumbuh subur dan sehat, berikut ini penjelasan di bawah:

  • Tumbuhnya batang tidak saling membengkok terlalu curam ke arah bawah;
  • Daunnya tidak mudah rontok, serta pada bagian tepi daun tidak keriting, daunnya berwarna hijau cerah, daun juga tidak menguning, daunnya sangat lebat;
  • Akarnya kokoh, sepintas jika diamati maka akan menopang kuat bagian organ lain di atasnya;
  • Batangnya memiliki berkas dipermukaannya berwarna agak hijau kecokelatan;
  • Muncul bunga-bunga yang disertai dengan munculnya buah dalam jumlah banyak;
  • Tinggi tanaman cabai paling ideal dengan pertumbuhan oke (tanaman telah berbuah) adalah 50 cm ke atas.
  • Buahnya berwarna tajam dan segar, tidak terdapat penyakit pada buahnya.
Nah, jika anda telah memiliki kebun cabe dan memiliki tanaman cabe dengan kriteria/tanda-tanda seperti yang dijelaskan di atas, semoga kebun cabe anda akan segera menghasilkan buah lebat dan hasil panen lebih menguntungkan. Jangan lupa baca juga: Membersihkan Lahan Tanam Cabe, Kunci Sukses Budidaya Cabe.

Artikel Terbaru

7 Kriteria Tanaman Cabe Yang Subur dan Sehat
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar