3 Cara Agar Buah Cabai Tumbuh Banyak dan Lebat

Membudidaya tanaman cabe/cabai di lahan perkebunan horticulture khusus untuk tanaman cabe memang sangat diperlukan supaya tanaman cabe lebih bagus pertumbuhannya. Karena berdasarkan pengalaman para petani cabe di daerah, apabila menanam cabai berdampingan dengan tanaman palawija, maka hasilnya akan kurang optimal.

Menanam cabai juga memerlukan lahan tanam yang baik, seperti penanaman cabe sebaiknya menggunakan lahan berbentuk bedengan memanjang dari arah utara ke arah selatan. Bedengan yang telah dibentuk sebaiknya juga di bagian permukaan atasnya diberi mulsa plastik sebagai peneduh bagi tanah dan menjaga kelembaban tanah agar tetap stabil, sehingga pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabe akan semakin mendukung dan bagus nantinya.

Menentukan lahan tanam yang tepat, faktor perawatan tanaman secara intensif juga menjadi bagian penting untuk menunjang tumbuh kembang tanaman cabe agar semakin bagus. Karena bagaimanapun juga pertumbuhan bunga, buah juga selalu didukung oleh pemberian air dan juga nutrisi penting yang dibutuhkan tanaman.

Ada beberapa alternatif cara yang dapat digunakan untuk mendapatkan hasil pertanian cabe dengan kumpulan bunga dan buahnya yang banyak dan juga lebat, berikut langkah yang dapat anda terapkan. Semua langkah yang disajikan di bawah ini juga boleh perlahan anda terapkan di lahan perkebunan cabe milik anda.

1. Gunakan 2 Teknik Semai Cabe Paling Mantap

2 Teknik semai cabe yang dimaksud adalah teknik semai cabe steril pro dan teknik semai cabe sistem gelintir. Kedua teknik semai cabe ini juga merupakan pengawal terbaik untuk mendapatkan bibit tumbuh yang baik dan pada akhirnya akan menjadi bibit yang bagus dalam menghasilkan buah cabe yang lebat dan berbuah banyak. Silakan anda sesekali menggunakan salah satu atau kedua-duanya dari teknik semai cabe pada link di atas.

Cabai Rawit Jengki Berbuah Lebat Karena Diberi Larutan Pupuk Phonska Cair
Cabai Rawit Jengki Berbuah Lebat Karena Diberi Larutan Pupuk Phonska Cair, Photo original by: Wahid Priyono

2. Gunakan Larutan Pupuk Phonska Cair

Menggunakan larutan pupuk phonska cair yang dibuat (dikocor) sendiri terbukti mampu mendongkrak supaya pertumbuhan bunga dan buah cabe menjadi lebih banyak dan lebat. Pembuatan larutan phonska cair ini sangat mudah sekali dan anda dapat mencobanya sendiri di rumah. Sebagai panduannya, silakan anda baca pada artikel berikut ini, klik: Cara Pembuatan Larutan Pupuk Phonska Cair Untuk Tanaman Cabe.

3. Lakukan Perempelan Pada Tanaman Cabe

Teknik perempelan cabe barangkali masih agak aneh bagi sebagian petani cabe yang baru mendengarnya. Namun, cara ini sangat efektif untuk merangsang pertumbuhan bunga dan buah cabe supaya lebih berkembang pesat sehingga pada akhirnya akan mendongkrak produktivitas hasil panen cabe lebih cepat dengan hasil memuaskan.

Beberapa petani di daerah tentu saja sudah banyak yang mencoba teknik perempelan tunas aksiler cabe dengan harapan bahwa hasil panen cabenya menjadi lebih banyak, dan ini memang sudah terbukti. Silakan giliran anda mencobanya: Perempelan, Cara Mempercepat Waktu Panen Cabai Supaya Berbuah Lebat.

Ketiga cara di atas mungkin masih sebagian besar petani yang telaten melakukannya, jika anda ingin sukses bertani cabe, maka tidak ada salahnya anda mencoba ketiga cara di atas, semoga berhasil. Jangan lupa baca juga: 5 Teknik Perawatan Cabai, Panen 60 Kali Lipat.

Artikel Terpopuler

3 Cara Agar Buah Cabai Tumbuh Banyak dan Lebat
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar